Tips Menjaga Pertumbuhan Janin Trimester Pertama – Bayi Sehat Bunda Bahagia

Kehadiran Janin di dalam rahim seorang perempuan menjadi hal yang sangat berharga. Hal ini merupakan anugerah terindah sebagai seorang wanita. Untuk itulah, saran untuk senantiasa menjaga kehamilan sangatlah diharuskan. Apalagi pada pertumbuhan janin trimester pertama.

Pertumbuhan janin trimester pertama ini terjadi ketika usia kehamilan masih sangat muda. Gejala mual, pusing dan badan lemah akan menghampiri, sehingga sangat disarankan untuk selalu menjaga kesehatan dengan baik.

Penjagaan yang ekstra harus dilakuakan di fase awal kehamilan ini, karena secara tidak langsung hal ini akan menentukan keberlanjutan fase kehamilan yang selanjutnya. Karena di fase awal kehamilan ini sangatlah rawan keguguran. Lengah sedikit saja, maka kita akan kehilangan Janin yang kita kandung.

Menjaga hati, pikiran, serta kesehatan menjadi tips aman yang harus disinkronkan dalam ingatan kita ketika sedang hamil muda. Ini dikarenakan dalam fase awal kehamilan, emosi akan meledak-ledak dan adaptasi dengan lingkungan sangatlah sulit. Karena akan banyak cobaan yang menghampiri.

Tips menjaga Pertumbuhan janin trimester pertama

Berikut adalah tips-tips untuk menjaga janin pada fae trimester pertama ketika awal kehamilan :

Jaga pola makan

Walaupun muala, muntah, serta nafsu makan yang berkurang, kita harus tetap menjaga kehamilan dengan menerapkan pola makan yang benar. Jangan sampai kita terlambat makan sehingga akan mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi. Akibatnya adalah kekurangan nutrisi dan menghambat tumbuh kembang bayi.

Menghindari makanan instan

 Pertumbuhan janin trimester pertama sangatlah penting, karena pada fase ini, organ-organ tubuh bayi akan berkembang. Sehingga asupan makanan yang bernutrisi tinggi harus dilakukan dengan baik. Jangan sampai kita lengah dan makan makanan yang instan. Karena makanan yang instan mengandung zat-zat pengawet yang berbahaya.

Jauhi minuman keras dan rokok

Hal ini sangatlah dilarang karena kandungan berbahaya pada rokok dan minuman keras yang membahayakan janin.

Jangan makan makanan yang dimasak setengah matang

Susho atau telur setengah matang ternyata harus dihindari oleh para ibu hamil untuk menjaga janinya di trimester pertama. Hal ini dikarenakan nakteri pada makanan masih belum matang sempurna sehingga kemungkinan masih banyak bakteri hidup yang akan membahayakn kesehatan bayi.

Kurangi aktivitas

Ketika hamil muda, pembawaan mengantuk dan lemas pasti akan menghinggapi, sehingga aktivitas akan sangat berkurang. Hal ini dikarenakan perubahan hormon yang terjadi di trimester pertama. Untuk itulah ketika masih hamil jangan melakukan kegiatan yang berat, karena akan membahayakan kesehatan janin. Keguguran menjadi akibat yang paling fatal.

Pintar menjaga dan menstabilkan emosi

Di kehamilan trimester pertama ini, perubahan hormon akan menyebabkan para bunda gampang emosi. Hal ini menyebabkan bunda tidak bisa menahan untuk marah ketika ada hal-hal yang kurang berkenan di hati. Padahal menurut orang lain, hal ini sudah benar. Namun karena pembawaan yang sensitif, maka bunda akan gampang sekali marah.

Rajin check up

Hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi bayi. Kita harus mengontrol kondisi bayi agar selalu mengetahui perkembangan terbarunya. Pertumbuhan bayi serta perkembangannya harus dikontrol dengan baik agar bayi menjadi sehat sampai fase lahiran nanti. Ketika kegiatan check up inilah kesempatan kita sangat banyak untuk bertanya-tanya atau melakukan konsultasi dengan dokter. Untuk meminta tisp serta saran agar kehamilan lancar di trimester pertama ini.

Mengetahui pertumbuhan janin trimester pertama sangatlah menyenangkan, karena kita bisa mengontrol perkembangan calon buah hati kita. Untuk itulah menjaga kesehatan di trimester pertama ini menjadi penentu awal agar kehamilan nantinya berjalan dengan lancar.