Tempat Wisata Solo

Tempat Wisata Solo

Menjejakkan kaki di sejumlah tempat wisata Solo memberi kesan kuat akan nuansa sejarah dan kebudayaan masyarakatnya yang masih tetap eksis hingga sekarang. Solo adalah tempat dengan sebuah tradisi Jawa yang kuat dan menjadi kebanggaaan. Anda dapat menemukan warisan budaya Jawa kuno di sana. Berbagai pesona tempat wisata di Solo terlihat mulai dari keraton, kerajinan batik, wayang, makanan kuliner, dan lainnya.

Solo adalah sebuah tempat wisata dengan karakter masyarakatnya yang lembut dan ramah. Di kota ini, keberadaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat adalah bagian yang tak terpisahkan daripada kota Solo itu sendiri. Inilah bentuk legacy budaya Jawa Kuno yang masih tetap hidup hingga saat ini. Ini pula yang merupakan kekayaan budaya lokal.

Saat ini, kota Solo telah bertransformasi sebagai wilayah dengan tingkat kemajuan yang pesat di belahan tengah Pulau Jawa. Kerajinan batiknya yang telah terkenal hingga ke mancanegara kian mengukuhkan kota ini sebagai salah satu destinasi wisata Indonesia yang menarik untuk dikunjungi.

Tempat Wisata Solo

Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata Solo yang harus Anda kunjungi. Beberapa di antaranya adalah tempat-tempat menarik untuk mencicipi kuliner Solo dan melakukan wisata belanja.

1. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo

Inilah simbol dan cikal bakal kota Surakarta. Didirikan pertama kalinya pada tahun 1744 oleh Sunan Paku Buwono II, Keraton Surakarta menjadi sebuah tempat yang menyimpan banyak nilai sejarah. Tahukah Anda, di keraton ini terdapat menara yang disebut Panggung Sanggabuwana. Konon, di sinilah Susuhunan bersemedi dan bertemu Nyai Rara Kidul, penguasa Pantai Selatan.

Tatkala mengunjungi tempat wisata Solo yang satu ini, Anda wajib mematuhi berbagai peraturan, seperti tidak memakai topi dan kacamata hitam, tidak bercelana pendek, tidak menggunakan sandal dan jaket.

Anda dapat meminjam kain bawahan untuk digunakan selama mengelilingi kawasan keraton jika ternyata Anda sedang mengenakan celana pendek saat sampai di sana. Harga tiket masuk keraton adalah sebesar Rp 4 ribu per orang. Jika Anda membawa kamera, akan dikenakan tiket tambahan Rp 2 ribu.

Keraton ini terbuka untuk kunjungan umum mulai dari hari senin hingga kamis, pukul 08.30 – 14.00 WIB, di hari jumat tutup. Saat hari minggu, hanya akan buka mulai dari pukul 08.30 – 13.00 WIB.

2. Ngarsopura Solo

Ngarsopuro adalah kawasan pedestrian yang ditata secara artistik dan sungguh nyaman sebagai tempat nongkrong bagi kawula muda. Ngarsopuro ini terletak di Jln. Diponegoro, tepat berada di depan (bagian selatan) Pura Mangkunegaran.

Jika Anda mengunjungi kawasan wisata Ngarsopura ini menjelang sore hingga malam, suasana ramai akan terlihat di sana.

Banyak orang menghabiskan waktu dan duduk-duduk di kursi yang tersedia di sepanjang jalan. Anda akan melihat kesan etnik yang kuat di tempat wisata Solo yang satu ini di mana lukisan-lukisan terpajang di sana, lampu jalan yang terpasang dalam sangkar burung, patung-patung loro blonyo, dan lainnya.

3. Ngarsopura Night Market Solo

Ngarsopuro Night Market merupakan pasar malam yang secara rutin diselenggarakan di hari Sabtu – Minggu mulai pukul 19.00 – 21.00 WIB.

Ini adalah tempat berdagang yang hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki KTP Solo. Produk yang dijual di pasar malam ini di antaranya kerajinan, batik, souvenir, hingga makanan kuliner khas Solo.

Di tempat ini juga Anda akan menjumpai live performance, seperti jazz, tarian, atau musik etnik dari para penggiat seni di Solo. Hal ini ditujukan untuk menambah semarak suasana di Ngarsopuro Night market.

Baca juga: Inilah 12 Tempat Wisata Pantai di Jogja

4. Museum Batik Danar Hadi Solo

Danar Hadi adalah salah satu produsen batik terkenal di Solo.

Di museum ini, Anda dapat menjumpai koleksi corak, motif, dan jenis kain batik dari seluruh nusantara.

Koleksinya bahkan mencapai 10000 helai kain batik.

Oleh sebab itu, museum ini diakui oleh MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai museum yang mempunyai koleksi kain batik terbanyak.

5. Museum Radya Pustaka Solo

Museum Radya Pustaka ini terletak dekat Taman Sriwedari, merupakan salah satu museum tua, bahkan yang tertua di Indonesia.

Di museum ini, Anda dapat mengetahui riwayat kota Solo di masa lampau.

Bahkan, Anda dapat menjumpai porselen yang merupakan hadiah dari Napoleon Bonaparte kepada Sri Susuhunan Paku Buwana IV.

6. Pandawa Water World Solo

Pandawa Water World merupakan wahana wisata air yang terletak di perbatasan kota Surakarta dan Sukoharjo.

Tempat wisata Solo yang satu ini memiliki 27 wahana air, antara lain Wave Pool, Action River, Fantastic Slides, Aerated Spa, Warm Spa, Sight Tower dan lainnya. Juga tersedia kolam untuk balita dan anak-anak.

Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Pandawa Water World sebesar Rp 80 ribu per orang.

Di akhir pekan, harga tiket masuk menjadi Rp 100 ribu per orang.

7. Pasar Klewer Solo

Pasar Klewer adalah pusat tekstil dan sandang di kota Solo.

Di pasar ini, Anda dapat menemukan beragam kain dan aneka sandang, terutama kain batik. Inilah tempat wisata belanja di Solo bagi Anda yang ingin berbelanja.

Di sekitar Pasar Klewer juga dapat Anda temukan sejumlah penjual makanan khas Solo. Tak ayal, area Pasar Klewer juga merupakan tempat wisata kuliner di Solo yang patut Anda datangi.

8. Galabo Solo

Inilah tempat wisata kuliner di Solo, sebuah konsep pusat jajanan malam yang menyuguhkan beragam kuliner khas Solo.

Di Galabo Solo, Anda akan menghemat waktu tanpa perlu mendatangi lokasi warung aslinya satu demi satu.

Tempat wisata kuliner ini selalu ramai dikunjungi, terutama di saat malam hari. Berbagai jenis kuliner yang lezat sungguh mengundang rasa ingin mencobanya.

Tempat Galabo di Solo telah menjadi sebuah tujuan kuliner yang populer bagi Anda yang ingin pergi ke kota Batik tersebut

9. Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari Solo

Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari adalah tempat hiburan yang cocok untuk anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Inilah taman rakyat di Solo. Di tempat wisata Solo satu ini, Anda dapat berlibur atau menikmati kebersamaan dengan keluarga. Di dalam taman, terdapat sejumlah 16 wahana permainan dan Mini Water Park.

Juga ada 14 wahana stand ketangkasan, panggung hiburan, serta kafe yang menyediakan menu makanan seperti nasi goreng, mie ayam, bakso, roti bakar, hingga kentang goreng. Untuk dewasa, tersedia pula acara musik seperti band, konser dangdut, Koes Ploes-an, dan lainnya.

10. Kampung Batik Laweyan Solo

Kampung Batik Laweyan adalah salah satu sentra batik yang ada di kota Solo. Jika Anda pernah ke tempat wisata Kota Lama Semarang, maka Anda akan mendapati kesan arsitektural Eropa yang juga ada di kampung Laweyan ini.

Banyak rumah-rumah di Laweyan dibangun dengan sentuhan arsitektur Eropa yang megah dan kokoh.

Dulu, rumah-rumah itu adalah kediaman para saudagar batik. Kampung Batik Laweyan adalah salah satu tempat belanja di Solo, Anda dapat berbelanja aneka produk batik, mulai dari kain, baju, hingga kerajinan.