Tempat Wisata Semarang

Tempat Wisata Semarang

Tempat wisata Semarang – Menjadi Ibu Kota dari Provinsi Jawa Tengah, Semarang merupakan Kota yang sering menjadi incaran para wisatawan domestik maupun mancanegara, karena suasana Semarang yang masih kental akan budaya dan tradisi. Selain berwisata sejarah, anda juga bisa menikmati wisata alam yang tak kalah indah. Berikut 7 tempat wisata Semarang yang wajib dikunjungi :

1. Pantai Maron

Tempat wisata Semarang yang pertama adalah Pantai Maron, terletak di sebelah Barat Semarang, tepatnya di sekitar muara Sungai Cilandak. Pantai Maron bisa ditempuh melalui 2 tempat berbeda, bisa melalui Bandara Ahmad Yani atau melalui Perumahan Graha Padma Krapyak. Berjarak sekitar 3 km dari jalan raya, anda bisa menggunakan kendaraan bermotor dan memakan waktu sekitar 10 menit. Namun jika anda lebih memilih jalan kaki dari ujung Perumahan Graha Padma, waktu tempuh anda sekitar 30 menit.

Sedikit mengenal sejarah tentang Pantai Maron, pantai ini dahulu adalah milik penerbangan TNI Angkatan Darat. Nama Maron sendiri berasal dari warna khas baret, yaitu merah maron. Namun ada juga mengatakan bahwa asal nama maron berasal dari singkatan Marina Kulon.

Pantai Maron ramai para wisatawan, yang tak kalah dengan Pantai Parangtritis Yogjakarta, ataupun Pantai Kuta Bali. Pantai ini ramai wisatawan pada saat hari sabtu sore, minggu pagi, minggu sore, dan hari libur. Pantai ini menjadi ramai karena menawarkan pemandangan yang eksotis, namun perlu menjadi perhatian bagi wisatawan kalau jalanan menuju pantai ini masih berupa tanah. Jadi disaat musim hujan datang, jalanan dipastikan licin. Untuk harga tiket masuk Pantai Maron sekitar Rp 5 ribu.

2. Taman Lele Semarang

Wisata Semarang yang satu ini sangat cocok jika anda sedang berlibur bersama keluarga. Di sini anda bisa mengajak anak-anak anda untuk melihat satwa-satwa di kebun binatang, bermain di taman bermain, bahkan hanya untuk sekedar duduk di tepi danau buatan.

Taman Lele merupakan tempat wisata Semarang yang menjadi andalan, diatas lahan seluas 22.173 meter persegi. Taman lele menyediakan wisata yang lengkap untuk keluarga anda.

Berbeda dengan Taman Lele, Kampung Wisata Taman Lele menawarkan wisata air dan darat bagi keluarga. Berada di lahan seluas 2 hektar, Kampung Taman Lele Semarang juga memiliki kebun binatang mini dan penginapan.

3. Pantai Marina

Merupakan salah satu tempat wisata Semarang yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso, tepatnya bersebelahan dengan Puri Mareokoco. Sekitar 4 km dari Tugu Muda, dan berjarak hanya beberapa meter dari Bandara Ahmad Yani. Pantai Marina adalah sebuah pantai kecil yang terletak di kawasan perumahan, pnatai ini menawarkan pemandangan eksotis khas Semarang. Disisi utara agak ke timur, air laut ini memilik warna kecoklatan. Hal ini disebabkan karena di situ berdekatan dengan muara sungai banjir kanal barat. Untuk harga tiket masuk sendiri sebesar Rp 3 ribu saja, pantai ini di buka 24 jam dan untuk umum.

Sayangnya Pantai Marina masih belum dikenal luas wisatawan domestik dan mancanegara, karena keadaan infrastrutur dan belum adanya investor yang mau mengembangkan pantai ini. Di sini banyak sekali pohon-pohon yang membuat suasana pantai tidak begitu panas. Selain itu di patai ini juga terdapat kebun buah naga, yang dapat menambah keasrian pantai. Ada juga sebuah jembatan yang menjorok ke pantai, jembatan ini bisa digunakan untuk foto dengan background indahnya Pantai Marina.

4. Lawang Sewu

Ingin berwisata yang menguji adrenalin anda ? Lawang Sewu adalah tempatnya. Lawang Sewu adalah sebuah gedung peninggalan Belanda, dibangun tahun 1904. Lawang Sewu dahulu merupakan kantor perusahaan kereta api Belanda, sebutan Lawang Sewu atau Seribu Pintu berasal dari banyaknya daun pintu dan jendela pada bangunan ini. Lawang Sewu juga memiliki bangunan bawah tanah, yang dahulu digunakan sebagai penjara. Susana mistik sering dikaitkan dengan bangunan ini, sedangkan untuk tiket masuk Lawang Sewu anda akan kena tarif Rp 10 ribu saja. Lawang Sewu sendiri terletak di Bundaran Tugu Muda atau Wilhelminaplein.

5. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)

Tempat wisata Semarang yang satu ini berbau akan nuansa religi, Masjid Agung Jawa Tengah berlokasi di Jalan Gajah Raya Semarang. Masjid ini dibangung pada hari jum’at tanggal 6 september 2002, ditandai dengan didirikannya tiang pancang pertama oleh Menteri Agama Ri, Prof. Dr. H. Said Agil Husen al-Munawar, KH. MA Sahal Mahfudz dan Gubernur Jawa Tengah, H. Mardiyanto. Masjid Agung Jawa Tengah (MJAT) baru diresmikan oleh Presiden RI Bambang Susilo Yudhoyono pada tahun 2006.

Wisata yang ditawarkan tentunya masih berbau dengan perkembangan islam di Jawa Tengah, anda dapat menjumpai museum yang berada di Tower Asmaul Husna lantai 2 dan 3. Di sini anda tak hanya menjumpai wisata religi saja, anda bisa menemukan penginapan, kafe, perpustakaan, toko cendramata, kereta kelinci, dan wahana bermain anak lainnya.

6. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur adalah salah satu wisata alam Semarang, air terjun ini berlokasi di Desa Nogosaren, Semarang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 150 meter, dihiasi oleh batuan alam yang indah. Untuk menuju dan menikmati keindahan Air Terjun Kali Pancur, anda harus menyiapkan kodisi tubuh. Agar tetap vit, karena anda harus menaiki anak tangga sekitar 900 anak tangga.

Air Terjun ini berada di Pegunungan Telemoyo yang mengarah ke Danau Rawa Pening. Di sekitar pegunungan selain anda menemukan air terjun, anda juga bisa menemukan banyak tebing batu andesit. Tebing ini memiliki ketinggian sekitar 20 – 100 meter, banyak para pecinta alam yang melakukan panjat tebing dengan kemiringan hampir 90 derajat. Selain memiliki bnayak batuan yang indah, air terjun ini juga memiliki gua yang berfungsi sebagai tempat berteduh burung walet. Untuk biaya masuk air terjun ini anda akan dikenai tarif sebesar Rp 2 ribu/orang dan biaya parkir Rp 1 ribu/motor. Disepanjang jalan anak tangga menuju air terjun, anda akan mendengar gemerivcik air pegunungan.

7. Taman Rekreasi Wonderia

Tempat wisata Semarang yang satu ini sangat cocok untuk anak-anak, karena Taman Rekreasi Wonderia menawarkan banyak wahana bermain seperti Merry Go Round, Kiddy Boat, Typhoon Coaster, Super Rally, Boom Boom Car, dan Space Gyro. Taman rekreasi ini berada di Jalan Sriwijaya Semarang.

Selain permainan anak-anak, anda juga bisa menguji nyali anda di Ghost House (Rumah Hantu) yang sangat menyeramkan. Karena banyaknya wahana yang ditawarkan, Taman Rekreasi Wonderia menjadi tujuan utama penduduk Semarang dan sekitarnya. Apalagi ketika moment pergantian tahun baru, lahan parkir yang luas akan terlihat penuh. Taman rekreasi ini buka setiap hari sejak pukul 09.00 – 22.00 dan akhir pekan serta hari libur taman rekreasi ini tutup pukul 23.00.

Itu tadi 7 tempat wisata Semarang, selamat menngujungi salah satu dari mereka. Semoga liburan anda berkesan dan bisa melepaskan beban anda karena kesibukan.