Tempat Wisata Sambil Berkebun di Bali

Tempat Wisata Sambil Berkebun di Bali

Bali sering disebut sebagai salah satu pusat destinasi paling populer di dunia. Berbagai kekayaan alam dan budayanya sering kali menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Ada beragam pantai yang mengitari pulau Bali yang menawarkan keindahannya masing-masing. Pada dasarnya, pulau Bali memang lebih banyak berupa dataran rendah sehingga sebagian besar tempat wisata di Bali cenderung berupa pantai jika dibandingkan dengan area perkebunan seperti yang sering Anda lihat di kota Bandung atau Bogor. Meskipun demikian, bukan berarti bahwa Bali sama sekali tidak memiliki dataran tinggi. Bahkan ada satu gunung yang cukup tinggi dan terkenal di Bali yakni Gunung Galunggung. Sedangkan dataran tingginya sendiri ada di wilayah Bedugul yang terdapat banyak danau dan juga perkebunan. Selain melakukan berbagai aktivitas di air, mungkin mengunjungi perkebunan dan berkebun di wilayah Bedugul ini bisa dijadikan pilihan ketika berkunjung ke Pulau Bali. Berikut adalah beberapa tempat wisata terbaik di Pulau Dewata bagi Anda yang menyukai tanaman.

Tempat Wisata Di Bali untuk Menambah Pengalaman Berkebun

Keindahan Pulau Dewata memang tidak ada habisnya, terutama saat membahas mengenai tempat wisata di Bali. Jika selama ini pulau tersebut lebih dikenal dengan pantai-pantainya, saat ini Anda menemukan wisata berkebun di wilayah-wilayah yang dijadikan sebagai penangkaran tanaman. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang ada di Bali yang bisa Anda kunjungi untuk menambah khasanah pengetahuan di dunia pertanian.

  1. Bali Strawberry Bedugul

Bedugul memang salah satu daerah di Pulau Bali yang dikelilingi oleh dataran tinggi. Jika selama ini Anda hanya mengenal danau Bedugul, ternyata di sekitar danau tersebut ada pula area wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Ada Bali Strawberry Bedugul, salah satu tempat wisata di Bali yang menawarkan perbedaan tersendiri apabila dibandingkan dengan wisata-wisata alam lainnya seperti pantai dan danau. Di kebun strawberry ini, Anda dapat berkesempatan untuk memetik buah strawberry sendiri. Untuk menuju ke tempat tersebut pun cukup mudah karena memang lokasinya tidak jauh dari Danau Bedugul, bahkan sebelum sampai di danau tersebut, Anda akan melihat hamparan kebun strawberry yang luas dan di situlah tempatnya. Selain memetik strawberry, Anda juga bisa memesan berbagai menu makanan dengan bahan dasar strawberry di restorannya. Apabila Anda berniat membawa strawberry sebagai buah tangan, untuk tiap setengah kilo dihargai Rp 25.000, namun jika menginginkan satu kilo cukup membayar Rp 40.000 saja.

  1. Bali Mangrove Information Centre

Berkebun di Bali Mangrove Information Centre merupakan aktivitas yang sedikit berbeda dengan yang ada di tempat wisata lainnya. Apabila biasanya Anda diminta untuk memetik buah atau sayuran, maka tempat wisata di Bali yang satu ini menawarkan pengalaman yang berbeda, yakni menanam bibit mangrove. Tempat wisata ini memiliki tujuan yang sangat baik yakni menanamkan jiwa peduli lingkungan kepada para wisatawan. Penanaman pohon mangrove sangat berguna untuk mencegah abrasi air laut. Apabila Anda tertarik dan ingin berkunjung ke tempat ini, Anda cukup menyusuri Jalan By Pass daerah Ngurah Rai Km 21 dan tempatnya ada di sebelah kiri jalan dari arah Sanur. Pintu masuknya berada kurang lebih 2 kilo meter dari pantai Kuta atau 1 kilo meter dari Patung Dewa Ruci.

  1. Kebun Raya Bedugul Bali

Masih di daerah Bedugul, Kebun Raya Bedugul Bali merupakan salah satu tempat wisata di Bali lainnya yang berupa wisata alam, sekaligus digunakan sebagai penangkaran tumbuhan-tumbuhan langka. Meskipun Anda tidak bisa melakukan aktivitas berkebun secara langsung di lokasi ini, namun setidaknya Anda bisa berkeliling dengan berjalan kaki atau mobil untuk melihat berbagai tanaman demi meningkatkan semangat berkebun di rumah.

Jika sebelumnya Anda hanya mengenal pantai dan pusat perbelanjaan di Bali, beberapa tempat wisata di Bali yang sudah disebutkan di atas bisa juga menjadi salah satu referensi apabila Anda ingin berwisata sekaligus meningkatkan kemampuan berkebun. Beberapa tempat wisata di atas sangat cocok dikunjungi para turis yang datang dari dalam maupun luar negeri. Selain lokasinya yang mudah ditemukan, biaya masuk untuk lokasi-lokasi wisata di atas sangatlah terjangkau.