Tempat Wisata Jawa Timur

Tempat Wisata Jawa Timur

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan tempat wisata di Jawa Timur yang paling ramai dikunjungi dan juga paling terkenal. Yang mengunjungi bukan hanya dari daerah Jawa Timur saja, namun juga dari daerah lain yang cukup jauh, contohnya Jakarta dan sekitarnya.

Gunung Bromo berlokasi di 4 wilayah, yaitu Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang. Kegiatan yang paling diminati para pengunjung Gunung Bromo ini yaitu mendaki gunung, melihat matahari terbit, berkuda, dan berjalan melewati padang pasir Gunung Bromo.

2. Jawa Timur Park (Jatim Park)

Jatim Park yang berlokasi di Kota Baru, Jawa Timur adalah sebuah taman rekreasi maupun belajar yang sangat besar dan lengkap. Dan terletak sekitar 20 KM dari kota Malang.

Konon, lebih dari 36 wahana permainan yang ada di Jatim Park, bahkan telah menjadi ikon wisata Jawa Timur. Jatim Park juga mendapatkan penghargaan juara pertama wisata buatan nasional oleh menteri pariwisata sehingga tak diragukan lagi, Jatim Park merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang wajib dikunjungi.

3. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang hanya berlokasi sekitar 45 KM di selatan kota Malang, sehingga Pantai Balekambang sudah menjadi tempat wisata pilihan bagi masyarakat kota Malang dan sektiarnya. Berada di sisi selatan provinsi Jawa Timur, Pantai Balekambang merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang terkenal karena keindahan pantai, dan pura yang berada di atas pulau karang yang ada di pinggir Pantai Balekambang.

Karakteristik pantai ini adalah ombak yang besar dan arus yang kuat. Jika anda pernah pergi berwisata ke Tanah Lot, Bali, Pantai Balekambang dapat mengingatkan anda pada tempat wisata di Bali tersebut karena suasananya sangat mirip. Namun, saat ini jalanan menuju Pantai Balekambang banyak yang rusak sehingga sedikit akan mengurangi kenyamanan anda saat menuju Pantai Balekambang.

4. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan merupakan sebuah danau alami yang berlokasi di kaki Gunung Lawu, Jawa Timur. Danau ini berluas sekitar 30 hektar dan kedalaman sekitar 28 meter. Fasilitas di sekitar Telaga Sarangan sudah lengkap, seperti banyaknya penginapan, rumah makan, pasar wisata belanja, area bermain anak-anak, taman, tempat ibadah, dan lain-lain.

Danau ini berlokasi sekitar 16 KM dari kota Magetan. Kegiatan yang diminati para pengunjung di Telaga Sarangan ini adalah berkuda, bermain perahu air, dan memancing.

5. Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo berlokasi di Kabupaten Situbondo dan merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang paling terkenal. Perjalanan menuju Pantai Pasir Putih Situbondo ini memerlukan waktu sekitar 4 jam dari kota Surabaya.

Pantai Pasir Putih Situbondo terkenal sesuai dengan namanya yaitu pasir putihnya yang indah, dan hamparan hutan yang berada di tepi pantai.

6. Pantai Kondang Iwak

Pantai Kondang Iwak merupakan sebuah pantai yang kurang begitu terkenal. Meskipun demikian, namun cukup menarik untuk dikunjungi. Pantai ini berlokasi di Desa Tulungrejo, sekitar 65 KM dari kota Malang.

Suasana pantainya yang tenang dan sepi, serta ombaknya yang cukup besar menjadi daya tarik utama Pantai Kondang Iwak. Di pantai ini juga dapat dijumpai aktivitas warga sekitar yang sedang memancing ikan.

7. Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo yang terletak di Kecamatan Pujon merupakan sebuah air terjun yang mempunyai ketinggian sektiar 84 meter dan berada 1135 meter di atas permukaan laut.

Dari kota Malang Air Terjun Coban Rondo ini hanyalah berjarak sekitar 25 KM saja sehingga tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata alam yang paling populer bagi masyarakat Malang dan sekitanya. Jika ingin masuk ke tempat wisata ini cukup membayar 10,000 Rupiah saja per orang.

8. Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian Air Panas Cangar berlokasi sekitar 20 KM dari kota Batu. Sebenarnya fasilitasnya tidaklah mewah, namun dapat memenuhi kebutuhan kita dalam menikmati air panas yang berasal dari bumi ini.

Pemandian Air Panas Cangar memiliki beberapa jenis kolam yang berbeda, yaitu kolam besar, kolam kecil, kolam tertutup khusus wanita, dan kolam dalam kamar. Bagi pecinta wisata kuliner, janganlah lupa mencicipi makanan khas daerah ini, yaitu tape beras ketan hitam.

9. Goa Maharani Lamongan

Goa Maharani Lamongan merupakan sebuah goa berukuran sekitar 2,500 meter persegi yang pertama kali ditemukan oleh penggali tanah. Dan goa ini berlokasi di Kecamatan Paciran.

Goa Maharani Lamongan menawarkan wisata keindahan bawah tanah yang dipenuhi oleh stalaktit dan stalakmit yang terbentuk dari tetesan air yang menempel di langit-langit gua yang indah dan batu-batuan yang unik.

10. Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu

Pantai Sendang Biru adalah sebuah pantai indah dengan ombak yang tidak terlalu besar dan arus yang lebih tenang dari pantai-pantai lain yang ada di pesisir selatan Pulau Jawa.

Pantai Sendang Biru berlokasi 30 KM di selatan kota Malang. Ombak dan arus yang tenang dan tidak besar ini dikarenakan terdapat sebuah pulau di dekat pantai ini, namanya adalah Pulau sempu. Jika ingin menjelajahi Pulau Sempu harus dengan cara menyeberang menggunakan perahu nelayan dari Pantai Sendang Biru.