Tempat Wisata Di Bangkok

Tempat Wisata Di Bangkok

Tempat wisata di Bangkok Thailand tak kalah menarik jika dibandingkan dengan tempat wisata di Hanoi atau tempat-tempat menarik lainnya di Indonesia. Thailand adalah sebuah negara yang berbentuk kerajaan, dengan pusat pemerintahan di kota Bangkok. Selain sebagai fungsi pemerintahan, terdapat sejumlah tempat-tempat menarik di Bangkok yang patut Anda ketahui untuk dikunjungi.

Sebagai penikmat perjalanan, mengunjungi berbagai tempat wisata menarik di belahan dunia selalu menyisakan kesan spesial yang dalam. Perjalanan adalah pelajaran! Sebab hidup adalah pelajaran yang tak pernah henti. Sudahkah Anda mengunjungi tempat wisata Thailand?

Tahukah Anda, mengunjungi objek wisata di Bangkok ternyata menghabiskan biaya yang lebih murah ketimbang di Jakarta. Ini disebabkan oleh karena selisih perbedaan biaya hidup antara Indonesia dan Thailand mencapai kurang lebih 30%. Ini tentu sebuah keuntungan tersendiri bagi para pelancong untuk menikmati perjalanan ke Bangkok.

Namun perlu Anda ketahui juga bahwa tempat wisata di Bangkok akan lebih banyak menyuguhkan pemandangan kuil dengan arsitektur yang mengagumkan. Juga, Anda akan menemukan berbagai patung Buddha yang mengundang decak kagum.

Meski demikian, Bangkok adalah salah satu surga belanja yang populer di kalangan penikmat perjalanan dengan banyaknya mall serta pusat perbelanjaan lainnya. Tidak kalah pula wisata kuliner Bangkok yang menarik untuk dinikmati.
Tempat Wisata di Bangkok

Perlu diketahui, situasi politik di Thailand pada saat artikel ini ditulis masih belum stabil. Ini akibat junta militer yang masih memegang kendali pemerintahan di Thailand. Tetapi, kepariwisataan di Thailand sesungguhnya berjalan normal. Baca juga: Tips Wisata di Thailand dalam Situasi Kudeta Militer

Apa saja tempat wisata di Bangkok? Berikut ini adalah tempat wisata Bangkok yang yang layak Anda kunjungi.

1. Kuil Patung Emas Buddha (Ton Gold Budha) Bangkok

Wat Traimit Witthayaram Wora Wiharn adalah salah satu tempat wisata di Bangkok yang terkenal akan patung Buddha yang besar, terbuat dari emas dan solid, memiliki bobot seberat 5.5 ton.

Kuil Patung Emas Buddha ini terletak di daerah China Town, lokasinya berada di ujung Jalan Yaowarat Pecinan, dekat Stasiun Kereta Api Hualampong.

Ada riwayat historis yang dimiliki oleh patung Buddha ini. Di masa lampau ketika Thailand hendak dijajah bangsa asing, patung emas Buddha ini dilapisi tanah liat agar tidak dicuri. Akibatnya, bahkan hampir semua masyarakat Thailand modern tidak mengetahui isi di dalam patung tersebut.

Tatkala akan dipindahkan, patung emas Buddha secara tidak sengaja terjatuh dan pecah, dan akhirnya terlihatlah wujud penampakan asli patung emas Buddha .

2. Kuil Emerald Buddha, Wat Pra Keaw Bangkok

Kuil ini adalah kuil paling penting di Thailand. Lokasinya berada di pusat kota Bangkok.

Tiket masuk ke kuil ini paling mahal di antara yang lainnya, namun Anda akan mendapatkan pemandangan yang sangat bagus dan megah. Juga terdapat museum kerajaan di area kuil tersebut. Kuil ini adalah salah satu daya tarik utama dari tempat wisata di Thailand.

Untuk dapat masuk kuil, Anda harus berpakaian yang sopan (celana panjang). Sebab, ada petugas yang berjaga untuk memeriksa kelayakan pakaian Anda. Jika Anda tidak memenuhi unsur kesopanan berpakaian, maka Anda dapat menyewa kain panjang yang tersedia di sana.

3. Kuil Buddha Berbaring, Wat Pho Bangkok

Kuil ini adalah kuil yang terbesar di Thailand, letaknya cukup dekat dengan Grand Palace, persisnya tepat di belakang Kuil Emerald Buddha.

Anda akan menemukan patung Buddha yang besar dan megah. Keunikannya adalah posisi patung Budha ini sedang berbaring. Kuil ini juga memiliki bentuk yang unik.

Jika Grand Palace memiliki warna keemasan, putih, dan megah, maka kuil Buddha Berbaring ini ditempeli bunga-bunga kecil berwarna soft.

Di area kuil ini, Anda dapat mencoba pijat tradisional Thailand yang terkenal. Disarankan Anda berpakaian sopan untuk masuk ke kuil ini.

4. Mansion Vimanmek Bangkok

Mansion Vimanmek adalah bangunan terbesar di dunia yang seluruhnya terbuat dari kayu jati emas. Anda dapat melihat berbagai furnitur antik, gelas-gelas kaca, porselen, foto-foto lama, dan memorabilia dari pemerintahan kerajaan (1868-1910).

Jika Anda lebih dahulu masuk ke Grand Palace (Kuil Emerald Budha, Wat Pra Keaw), maka tiket masuk ke Vimanmek ini akan gratis. Jika tidak, maka Anda harus bayar tiket untuk dapat masuk ke sini.

Anda juga harus berpakaian sopan untuk dapat masuk, memakai celana panjang atau rok panjang, tidak diperkenankan memakai pakaian terbuka.

Tempat wisata Bangkok yang satu ini dijaga sangat ketat, Anda tidak boleh sembarangan menyentuh atau duduk di kursi. Bahkan, Anda tak akan bisa mengambil foto bagian dalam rumah karena kamera, handphone, bahkan tas Anda harus dimasukkan dahulu dalam loker sebelum diperbolehkan masuk. Dapat dikatakan, tempat wisata Thailand yang satu ini memiliki protokol keamanan yang sangat ketat.

5. Khaosan Road Bangkok

Lokasi Khaosan Road ini berada di daerah Banglamphu. Dari sejumlah tempat menarik di Bangkok, Khaosan Road ini kurang lebih mirip dengan Kuta atau Legian di Bali. House music terdengar di mana-mana dan pub bertebaran.

Khaosan Road adalah tempat para bule berkumpul, juga merupakan tempat backpacker Bangkok. Tak ayal, daerah ini dikenal sebagai pusat Backpackers. Terdapat kios-kios yang menawarkan berbagai macam barang, mulai dari pakaian, aksesoris fashion, hingga sepatu murah.

Di daerah Khaosan Road juga terdapat tempat pijat Thailand, Anda mungkin ingin mencobanya. Sebab, tubuh pasti akan kembali bugar. Karena pijatan Thailand terkenal akan keampuhannya mengembalikan kesegaran fisik tubuh. Tempat wisata di Bangkok yang satu ini memang menarik untuk dikunjungi.

6. China Town Bangkok

Seperti nama daerahnya, ini adalah kawasan pecinan di Bangkok dan pada umumnya warga Bangkok di China Town ini mampu berbahasa Mandarin. Kawasan ini adalah sentra belanja, juga menawarkan aneka kuliner di Bangkok yang menyenangkan.

China Town adalah salah satu pusat penjualan emas di Bangkok, di samping itu Anda dapat menikmati wisata belanja di Bangkok dengan mengitari kawasan pecinan ini untuk mendapatkan kain, aksesoris, hingga aneka mainan dan sparepart otomotif. Namun, China Town bukanlah tempat wisata belanja fashion di Thailand.

Tempat wisata Bangkok yang satu ini memang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata belanja di Thailand yang menjual barang dengan harga murah. Anda dapat menggunakan bahasa Inggris jika ingin tawar menawar harga barang, dan itu sangat mungkin untuk menawar harga di tempat ini.

7. Dream World Garden

Inilah disneyland nya Thailand, sebuah tempat dengan aneka wahana permainan yang menarik.

Namun, rasanya lebih tepat bila Dream World Garden ini disebut sebagai Dufan-nya Thailand mengingat fasilitas dan kapasitasnya yang hampir sama.

Jika Anda ingin menghabiskan waktu dengan menikmati wahana permainan di Bangkok, maka ini adalah tempat yang dapat Anda kunjungi.

8. Siam Niramit Show

Siam Niramit Show adalah sebuah panggung pertunjukan, didesain sedemikian mewah dengan menyuguhkan tontonan performer yang menggunakan pakaian tradisional Thailand beserta puluhan hewan yang ikut terlibat di dalam panggung, salah satu hewan yang menyedot perhatian adalah gajah.

Di tempat ini, acara berlangsung setiap malam dengan waktu durasi 1.5 jam, mengisahkan cerita kehidupan masyarakat Thailand di masa lampau, dikemas dengan efek pencahayaan panggung nan artistik. Bangunan gedung pertunjukan ini mampu menampung penonton sebanyak 2000 orang dalam sekali pementasan acara.

Untuk menikmati pertunjukan Siam Niramit, tersedia sejumlah paket. Paket pertunjukan tanpa makan malam dan penjemputan berbiaya 1300 baht (orang dewasa), paket pertunjukan + makan malam sebesar 1500 baht (orang dewasa), dan paket pertunjukan + makan malam + penjemputan sebesar 1800 baht (orang dewasa).

9. Emporium Mall

Inilah salah satu destinasi belanja di Bangkok yang digemari masyarakat di sana. Tempat wisata Bangkok yang satu ini adalah sebuah mall dengan penjualan beragam barang branded.

Terletak di Sukhumvit yang adalah jantung kota Bangkok, bangunan bertingkat 7 ini menawarkan banyak pilihan barang, di antaranya produk kulit, perhiasan, pakaian branded, gadget, komputer dan teknologi informasi, hingga peralatan rumah tangga.

Bahkan hanya membeli secangkir kopi untuk menikmati suasana di mall ini adalah sebuah hal yang menyenangkan dalam perjalanan wisata di Bangkok.

10. Siam Ancient City

Siam Ancient City adalah sebuah taman yang pesona yang indah. Taman ini dibuat dengan mengikuti replika geografis Bangkok di masa lampau, sebuah hal yang dianggap penting untuk melestarikan keindahan asli Thailand.

Anda akan menjumpai stupa hingga candi yang dibangun sedemikan rupa di kawasan taman ini, mengingatkan pada sebuah era Thailand di masa Ayutthaya.

Siam Ancient City terbuka untuk publik mulai dari pukul 8 pagi hingga 5 sore. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Siam Ancient City sebesar 400 baht (dewasa) atau 200 baht (anak-anak).

11. Four Face Buddha

Jika diterjemahkan, ini adalah Patung Buddha Empat Wajah. Terletak di dalam pelataran Hotel Grand Hyatt Erawan, patung Buddha ini ramai dikunjungi wisatawan karena mereka percaya bahwa doa-doa yang dilantunkan di tempat ini akan terkabul.

Patung yang telah berdiri sejak tahun 1956 ini memiliki luas altar sekitar 100 meter persegi dengan altar Buddha di posisi tengah. Tentu saja, ini tidaklah besar.

Jika Anda ingin berdoa di altar Four Face Buddha ini, Anda dapat membeli sesajen seharga 10-25 baht. Kabar baiknya di sini, bagi wisatawan yang doanya terkabul diharuskan kembali lagi ke Patung Buddha Empat Wajah ini untuk bersyukur. Banyaknya bunga serta buah-buahan di sekitar altar yang merupakan bentuk ucapan syukur adalah bukti terkabulnya doa yang pernah dipanjatkan di tempat ini.

12. Bangkok Dinner Cruises

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan dan suasana romantis di Bangkok, maka salah satu tempat yang recommended adalah Sungai Chao Phraya (sungai pahlawan). Sungai dengan panjang sekitar 372 km ini membelah kota Bangkok dan telah menjadi nadi kehidupan masyarakat di sana.

Di malam hari, suasana sungai ini menjadi kian indah dan menyenangkan. Menaiki kapal cruise yang melintasi sungai, lalu menikmati makan malam (dinner) di atas kapal sembari menikmati pesona keindahan tatkala menyusuri aliran sungai adalah sebuah hal yang sangat romantis.

Kapan cruise ini menawarkan kemewahan dan kenyamanan bagi para wisatawan. Namun, Anda harus siap mengeluarkan biaya yang sepadan untuk itu.

13. Pratunam Market

Pratunam Market terletak di jantung kota Bangkok, merupakan sebuah pusat belanja garmen di Bangkok yang terkenal. Tempat ini adalah surga wisata belanja di Bangkok. Inilah “Tanah Abang”nya Thailand, merujuk pada pusat grosir terkenal yang ada di Jakarta.

Harga barang yang murah, variasi pakaian yang berlimpah, adalah sejumlah alasan yang membuat banyak wisatawan betah berlama-lama di tempat wisata Bangkok yang satu ini.

Di Pratunam, Anda akan menemukan ratusan toko dan lapak pakaian, pada umumnya menjual busana dan aksesoris wanita. Di kawasan Pratunam ini pula, berdiri sejumlah mall besar, seperti The Platinum Fashion Mall hingga Central World. Mall-mall ini adalah juga destinasi wisata belanja yang disukai banyak wisatawan.

14. Siam Paragon

Inilah mall yang menjadi surga belanja barang branded di Bangkok. Banyak wisatawan Indonesia mengunjungi mall ini, oleh karenanya dapat disebut sebagai salah satu destinasi wisata di Thailand yang diminati.

Lokasinya yang bersebelahan dengan Siam Ocean Park dan Discovery yang menawarkan aneka gadget terbaru membuat Siam Paragon ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Nah, Anda sudah memiliki daftar tempat wisata di Bangkok yang siap untuk dikunjungi. Selamat menikmati wisata di Thailand!