Tempat Wisata Bogor

Tempat Wisata Bogor

Tempat Wisata Bogor – Bogor adalah salah satu kota yang masih dalam lingkupan wilayah JABODETABEK. Memiliki sebutan sebagai kota hujan, Kota Bogor memiliki beberapa tempat wisata alam yang wajib untuk dikunjungi bersama keluarga di akhir pekan atau hari libur. Selain itu bentang alam di Kota Bogor juga menjadi sampel yang tepat untuk citra Indonesia sebagai hutan hujan tropis terluas di dunia. Berikut tempat wisata Bogor yang paling recomended :

1. Kebun Raya Bogor

Tempat wisata yang satu ini sangat terkenal karena keberadaan bunga yang memberikan bau menyengat, yaitu bunga bangkai (Amorphophalus titanum). Selain memiliki bunga terlangka di dunia, kebun raya bogor juga memiliki sekitar 15.000 koleksi flora. Dijamin pengetahuan flora anda akan bertambah ketika berkunjung ke sini. Terletak di Jalan Ir. Haji Juanda No.13 Bogor. Anda akan dikenakan tarif masuk perorang dikenai tarif sebesar Rp 14 ribu, untuk wisatawan asing dikenai tarif Rp 25 ribu. Sedangkan untuk kendaraan keliling roda empat dikenai tarif Rp 30 ribu, untuk roda dua dan sepeda motor dikenai tarif hanya Rp 5 ribu.

2. Museum Zoologi Bogor

Tempat wisata sejenis museum tentu akan membuat anda malas untuk berkunjung. Namun berbeda dengan museum zoologi bogor, museum ini tidak menyimpan benda bersejarah yang sering kita jumpai ketika mengujungi museum-museum lainnya. Museum ini menyimpan berbagai jenis fauna yang sering kita lihat atau bahkan tidak pernah kita lihat, karena mungkin habitatnya terlalu jauh atau mungkin sudah punah. Semua jenis fauna disini sudah di beri air keras jadi tak perlu takut lagi. Museum ini memiliki 659 jenis mamalia yang terdiri atas 30.000 spesies, koleksi ikan sebanyak 12.000 jenis jadi ada sekitar 140.000 spesies. Untuk jenis burung, museum ini memiliki 1000 jenis yang terdiri dari 30.000 spesies. Untuk suhu ruangan burung museum ini memasang sekitar 22 derajat celsius, karena untuk menjaga agar tak mudah rusak. Untuk jenis amphibi dan reptil ada 763 jenis atau 19,937 spesies, untuk moluska ada 959 jenis atau 13,146 spesies. Ada yang spesial dari museum ini, menjadi tempat pemilik koleksi serangga terbesar se-Asia Tenggara.  Ada sekitar  12.000 jenis yang terdiri dari 2.580.000 spesies. Untuk tarif masuk museum sudah menjadi satu paket dengan kebun raya bogor, jadi pihak museum tidak akan menerima pengunjung dari luar kebun raya bogor.

3. The Jungle Waterpark

Objek wisata yang satu ini juga sangat recomended, bagi anda sekeluarga yang suka dengan wahana air ada baiknya untuk berkunjung ke tempat wisata ini. Tak hanya bermain-main air saja, anda juga bisa menikmati wisata kuliner, atau nonton film 3D. Untuk anak-anak tak hanya bermain air saja, mereka juga dapat menikmati permainan anak-anak yang sudah disediakan. Terletak di Jalan Bogor Nirwana Boulevard Dreded Pahlawan, atau lebih tepatnya terletak di perumahan Bogor Nirwana Resident.

4. Warso Farm

Bagi anda sekeluarga yang suka dengan buah durian, anda wajib berkunjung ke Desa Cihideung, Kec. Cipelang, Kab. Bogor. Disana anda akan menemukan salah satu objek wisata yang menyajikan berbagai jenis pohon durian, ya Warso Farm namanya. Disana anda akan menemui banyak jenis durian dari berbagai jenis pohon. Namun sayang anda tidak diperbolehkan untuk memetik langsung buah durian dari pohonnya, jika anda ingin menikmati buah durian anda bisa membeli di sekitarnya.

5. Wisata Taman Riung Gunung Puncak Bogor

Wisata taman riung ini terletak di kawasan puncak bogor, sehingga akan mudah untuk anda temui. Hanya dengan menyusuri jalan menuju puncak, tempat wisata taman riung ini akan anda temukan dengan mudah. Wisata taman riung menawarkan fasilitas buat anda yang ingin tidur di alam yang terbuka, atau yang ingin terapi dengan ikan-ikan kecil. Sedangkan buat anda yang tidak membawa tenda untuk tidur di ruang terbuka, tempat wisata ini menyediakan tempat penginapan yang sangat murah. Cukup dengan tarif Rp 100 – 150 ribu, anda bisa meraskan bermalam di tengah perkebunan teh.

6. Taman Buah Mekarsari

Tempat wisata yang satu ini akhir-akhir ini menjadi ikon baru wisata di Bogor, terletak di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Patokan untuk anda yang ingin mengunjungi tempat wisata ini adalah Jonggol, entah anda berangkat dari Jakarta, Bekasi, ataupun Bogor. Ikon wisata Bogor sebenarnya adalah tempat untuk meletarikan kekayaan hayati yang dimiliki oleh Indonesia. Taman Buah Mekarsari  masih menjadi tempat terbesar di dunia, disini menyimpan berbagai jenis buah yang ada di Indonesia. Ada berbagai wahana yang dimiliki oleh taman buah mekarsari selain untuk edukasi, diantaranya Pongo Show, Bangunan Air Terjun (Puri Tirto Sari), Menara Pandang, Kids Fun Valley, Kawasan Bunga Bangkai, Sabut Kelapa Outbond, Greenhouse Melon, Garden Center, Kawasan Rusa Tutul, Baby Zoo. Untuk tiket masuk perorangan akan dikenai tarif Rp 25 ribu, sepeda motor Rp 5 ribu, mobil Rp 15 ribu, bus wisata Rp35 ribu.

7. Taman Safari Indonesia

Wisata ini sering mendapatkan penghargaan karena pengelolaannya yang bagus, sehingga pengunjung bisa merasa puas. Seperti hal nya taman safari lainnya, wisata ini memiliki berbagai jenis satwa dari seluruh indonesia bahkan dunia. Terletak di Desa Cibereum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.  Di tempat ini terdapat sekitar 2.500 spesies dan kebanyakan dikategorikan hampir punah.  Selain sebagai tempat penambah ilmu tentang satwa, taman safari juga menyediakan tempat rekreasi.

8. Istana Bogor

Ingin tau seperti apa tempat tinggal presiden ? Yuk kunjungi istana bogor yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 1, Kelurahan Paledang, Bogor Tengah, Jawa Barat, sekitar 60 kilometer dari Jakarta atau 43 kilometer dari Cipanas. Anda bisa berombongan untuk masuk kesana setelah mendapat izin dari sekretaris negara, c.q. Kepala Rumah Tangga Kepresidenan. Tak hanya melihat-lihat bagaimana tempat tinggal presiden, anda juga bisa memberi makan rusa yang berasal dari Nepal. Untuk makanan rusa, disekitar situ ada banyak petani yang menjual sayuran wortel untuk makan rusa.

9. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor

Untuk melepas kelelahan anda setelah melakukan perjalanan, tak ada salahnya untuk anda berkunjung ke pemandian air panas tirta sanita ciseeng bogor. Cukup dengan menempuh waktu selama 40 menit dari tol serpong, Tangerang.  Seperti namanya tempat wisata ini berada di desa Ciseeng, kecamatan Parung, kabupaten Bogor. Untuk tarif masuk pemandian ini sangat murah hanya dengan Rp 5 ribu dihari biasa, sedangkan untuk akhir pekan tarif hanya Rp 6 ribu saja. Untuk anak-anak dikenai tarif sebesar Rp 3.500. Lahan parkir yang disediakan juga sangat luas. Bagi anda yang ingin privasi, tempat ini juga sudah menyediakannya.

10. Situ Gede Bogor

Situ adalah sebutan lain untuk danau atau telaga. Di indonesia banyak dijumpai situ, karena terkadang cerita legenda dari masyarakat situ menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.  Di Kota Bogor situ yang terkenal adalah situ gede. Untuk menuju tempat wisata ini anda harus mencapai kelurahan Situgede, Bogor Barat. Bagi anda pecinta film atau sinetron, tempat ini sudah tak asing lagi. Karena keelokan alamnya tempat ini sering dijadikan sebagai tempat syuting.  Disini anda bisa melakukan hal-hal kecil seperti berjalan mengelilingi situ, menikmati udara sejuk pepohonan, bahkan anda bisa melakukan kegiatan mancing. Jika Anda berangkat dari Kota Bogor, jaraknya sekitar 10 km. Patokan lain adalah Situ ini berada di utara Terminal Bubulak sekitar 3 km.

Itu tadi beberapa tempat wisata Bogor yang patut anda kunjungi sebagai pengisi liburan atau akhir pekan.  Semoga anda tertarik dan ingin segera berkunjung.