Mengolah Kreasi Resep Pancake yang Menggoda Lidah

pict-of-resep-pancake

Pancake modern merupakan desert atau sajian istimewa yang sengaja dihidangkan untuk menemani minum teh yang hangat. Kue pancake dikenal memiliki bentuk yang bundar, berlapis dan tipis. Makanan ini dahulu merupakan sarapan masyarakat Romawi kuno. Resep pancake ringan ini biasanya disajikan bersamaan dengan saus, aneka buah seperti stroberi, blueberry atau raspberry yang dibaluri dengan madu dan potongan butter sebagai pemanisnya.

Dalam mengolah pancake, bisa dilakukan dengan beragam penyajian, rupa juga resepnya.  Pankace bisa disajikan sebagai menu ringan yang manis dan gurih. Seperti kebanyakan resep kue pada umumnya, pankek juga menggunakan komposisi dari bahan utamanya berupa tepung, telur dan susu yang diolah atau dipanggang di atas tungku api. Selanjutnya agar lebih nikmat, bisa ditambahkan dengan bumbu misal margarin atau adonan lainnya. Soal rasa tergantung penikmat.

Bagi Anda yang penasaran bagaiman membuat pancake, berikut persiapan dan cara membuat  pancake spesial yang praktis, empuk dan lembut.

Persiapan awal

  • Siapkan bahan-bahan utama unruk membuat resep seperti:

  1. Tepung terigu 65 gr
  2. Gula pasir 1 sdm
  3. Keju parut 30 gr
  4. Smoked beef potong dadu ½ cm (tumis hingga matang)
  5. Daun bawang diiris tipis 2 sdm
  6. Baking powder 1 sdt
  7. Telur ayam 1 butir
  8. Susu cair 120 ml
  9. Blue Band serbaguna, lelehkan 1 sdm
  10. Blue Band serbaguna, 2 sdm untuk memasak
  • Bahan-bahan pelengkap untuk toping:

  1. Keju parut 2 sdm
  2. Abon sapi 3 sdm
  3. daun bawang diiris 2 sdm

Setelah semua bahan berhasil dipersiapkan, tahap selanjutnya adalah memulai memasak. Berikut langkah-langkah penyajian resep pancake praktis, lembut dan empuk.

  1. Masukkan tepung terigu, gula dan susu cair kedalam wadah dan aduk hingga adonan rata.
  2. Setelah adonan tercampur, masukkan telur, Smoked beef, dan Baking powder, lalu aduk kembali adonan.
  3. Masukkan keju yang telah diparut bersamaan dengan irisan daun bawang dan Blue Band yang sudah dicairkan. Aduk kembali hingga semua adonan tercampur dan meresap kedalam daging dengan sempurna.
  4. Panaskan Blue Band Serbaguna di atas Loyang atau wajan datar. Masukkan adonan pancake di atas wajan dan biarkan matang dengan sempurna. Bila sudah muncul gelembung artinya pancake telah matang dan siap diangkat dari atas wajan pemanggang.
  5. Adonan pancake siap disajikan dengan menantanya diatas piring, dan tambahkan topping diatasnya.

Demikian cara membuat resep pancake yang praktis, lembut dan empuk ala Blue Band. Selamat mencoba!