Perbedaan Jenis Alat Pembayaran Non Tunai dan Alat Pembayaran Tunai

alat pembayaran tunai dan nontunai

Alat Pembayaran Non Tunai dan Tunai – Uang merupakan hal yang dibutuhkan oleh siapapun di dunia ini. Pasalnya, uang telah menjadi alat pembayaran yang digunakan untuk mendapatkan suatu barang melalui kegiatan jual beli. Karena itulah peran uang sebagai alat pembayaran sangat penting. Uang sebagai alat pembayaran tunai masih banyak digunakan. Namun, adanya jenis alat pembayaran non tunai bisa menggeser posisi uang sebagai alat pembayaran.

Fungsi uang sebagai alat pembayaran memang tidak tergantikan karena uang merupakan satu-satunya alat pembayaran yang diakui di seluruh dunia. Namun, penggunaan uang sebagai alat pembayaran tunai terkadang menimbulkan masalah karena uang terutama uang yang banyak dapat menarik seseorang untuk terlibat dalam kejahatan seperti kasus pencurian uang. Selain itu, uang tunai yang banyak juga merepotkan jika dibawa-bawa dalam bentuk uang tunai dan bisa memancing tindak kejahatan. Masalah ini membawa manusia pada solusi jenis alat pembayaran non tunai yang bisa menyembunyikan uang sebagai alat pembayaran. Meskipun begitu, kenyataannya uang tetap menjadi alat pembayaran yang sah. Alat pembayaran yang sifatnya non tunai hanya tidak menampakkan uang secara nyata. Jika dibandingkan dengan alat pembayaran tunai, alat pembayaran yang besifat non tunai memiliki lebih banyak kelebihan. Alat pembayaran yang bersifat non tunai relatif lebih aman karena tidak memperlihatkan bentuk nyata uang. Selain itu, pembayaran menggunakan alat pembayaran yang sifatnya non tunai juga lebih mudah, praktis dan aman. Beberapa tempat juga menawarkan potongan harga atau diskon apabila Anda melakukan transaksi menggunakan alat pembayaran yang bersifat non tunai. Anda juga tidak perlu berurusan dengan uang koin karena proses pembayaran dan transaksi menjadi lebih mudah dengan alat pembayaran bersifat non tunai.

Jenis alat pembayaran non tunai dengan segala kelebihannya patut diperhitungkan karena dapat mempermudah proses transaksi. Contoh alat pembayaran bersifat non tunai adalah Dompetku Plus. Berbagai fasilitas yang ditawarkan Dompetku Plus diantaranya adalah fasilitas transaksi dan juga transfer uang. Berbagai kemudahan juga ditawarkan oleh Dompetku Plus sehingga Anda dapat merasa puas.