Pentingnya Digital Marketing Bagi Perusahaan

Pentingnya Digital Marketing Bagi Perusahaan

Belakangan ini digital marketing atau pemasaran secara online hampir menjadi topik pembicaraan di setiap forum dan pembahasan pemasaran di Indonesia. Apa itu pemasaran online? Bagaimana mengelola pemasaran online yang tepat? Apakah perusahaan saya membutuhkan pemasaran secara online? Untuk menjawab pertanyaan tersebut akan dijelaskan melalui pembahasan berikut.

Digital marketing sendiri dapat dijelaskan sebagai promosi produk atau merek melalui satu atau lebih media elektronik yang terhubung melalui internet. Yang paling membedakan digital marketing dengan tradisional marketing adalah pada digital marketing dapat dilakukan analisa secara langsung apakah iklan berjalan dengan efektif atau tidak melalui interksi yang dilakukan oleh target audience terhadap iklan yang di tampilkan. http://www.sas.com/en_us/insights/marketing/digital-marketing.html

Digital marketing sendiri dimulai pada era web 1.0 tahun 1993 dimana saat itu mulai adanya pemasaran produk melalui banner website pada konten yang sedang dibaca melalui internet lahirnya google (sumber : http://digital-marketing-strategy.weebly.com/history-of-digital-marketing.html) , bertambahnya jumlah blogger, media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan video channel seperti vimeo, dan youbtube menjadikan digital marketing saat ini semakin dekat dengan target audience sehingga semua pelaku pemasaran setuju bahwa ini adalah cara yang paling tepat dan efisien untuk memasarkan produk ke target yang tepat.

Digital marketing

Digital marketing saat ini banyak dilakukan melalui 3 channel berikut ini :

  1. Social Media Marketing

Social media marketing atau pemasaran melalui media sosial sangat populer dilakukan di Indonesia. Hal tersebut dipicu oleh banyaknya pengguna sosial di indonesia. Sampai akhir tahun 2015 Indonesia menduduki peringkat ke 4 pengguna facebook terbanyak di dunia, dengan jumlah 70 juta pengguna (statistica.com) . Kelebihan dari social media marketing adalah mudah nya mentargetkan iklan pada demografis tertentu seperti : usia, gender, lokasi, dan interest.

  1. Search Engine Optimizer (SEO)

Saat ini pengguna internet pasti pernah menggunakan mesin pencari baik untuk sekedar mendapatkan informasi, membeli barang, atau bahkan mencari jasa tertentu. Mesin pencari Google merupakan yang paling banyak digunakan saat ini. Dengan memaksimalkan hasil pencarian kata kunci terkait dengan produk atau jasa. Hadirnya informasi produk atau jasa perusahaan di halaman pertama sangat berpeluang bagi perusahaan untuk mendapatkan pelanggan. Kelebihan dari search engine Optimizer adalah adanya minat atau ketertarikan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan melalui kata kunci yang digunakan oleh calon pelanggan. Dengan adanya minat dan hasil pencarian yang relevan maka produk dan jasa yang ditawarkan akan menjawab kebutuhan calon pelanggan. Hasil dari mesin pencari sendiri terbagi menjadi dua : hasil pencarian organik, dan iklan (ditandai dengan logo ads). Search Engine Optmizer sendiri bekerja untuk memaksimalkan hasil pada hasil pencarian organik, sehingga website perusahaan berada di halaman terbaik.

  1. Search Engine Marketing

Search engine marketing atau SEM adalah fitur yang disediakan oleh google untuk beriklan berdasarkan kata kunci yang di gunakan oleh pengguna google. Kelebihan dari pengunaan SEM adalah sangat terukur antara biaya yang dikeluarkan dan hasil yang didapat. SEM merupakan performance base ads sehingga biaya yang dikeluarkan berbanding lurus dengan hasil yang didapat. Biaya dihitung berdasarkan jumlah klik user yang membawa user ke website perusahaan. Untuk menjalankan SEM ada dua faktor yang perlu diperhatikan pertama adalah : kualitas dari website dan kedua adalah : nilai bid terhadap kata kunci yang di targetkan, dengan memaksimalkan kedua hal tersebut iklan berjalan dengan efektif dan sangat efisien. Apabila Anda tidak memiliki waktu untuk mengoptimalkan iklan sangat disarankan untuk menggunakan jasa digital agency yang sudah tersertifikasi.