Penerima Beasiswa Tanoto Foundation Lebih Unggul

beasiswa-tanoto-foundation

Di tengah era yang penuh persaingan seperti sekarang ini, seseorang dituntut untuk memiliki keunggulan dibanding kompetitornya supaya dapat meraih kesuksesan. Beruntunglah bagi para penerima beasiswa Tanoto Foundation karena mereka telah dipersiapkan untuk lebih unggul dibanding yang lain.

Ya, hal itu bisa terjadi karena Tanoto Foundation yang didirikan oleh keluarga Sukanto Tanoto ini tidak sekadar memberi bantuan finansial dalam pendidikan yang mereka dapatkan. Tanoto Foudation berusaha mengembangkan kemampuan dan kualitas para penerima beasiswanya, yang disebut sebagai Tanoto Scholars, dengan memberikan beragam pelatihan soft skill setiap gathering tahunan digelar.

Ajang yang diberi nama Tanoto Scholars Gathering ini merupakan momen kumpul bersama para penerima beasiswa Tanoto Foundation yang sekaligus dimanfaatkan untuk memberikan beragam pelatihan. Seperti pada tahun 2015 lalu, Tanoto Foundation mengadakan pelatihan Personal Branding sebab pembentukan karakter seseorang dapat menentukan masa depannya.

Kegiatan Tanoto Foundation yang satu ini menghadirkan narasumber berpengalaman bagi para Tanoto Scholars, seperti  Nurulloh dari Kompasiana yang memberikan materi blogging, serta Erwin Parengkuan dan Becky Tumewu yang mumpuni dalam bidang Personal Branding.

Ada beberapa aspek yang menjadi pokok pembahasan dalam pelatihan Personal Branding tersebut. Mulanya para Tanoto Scholars diajari untuk mengenali karakter diri masing-masing dengan teknik SWOT. Tujuannya agar Tanoto Scholars bisa mengetahui kekuatan (strength) untuk mengambil peluang (opportunity) serta bagaimana mengatasi kelemahan (weakness) untuk menghadapi ancaman (threat).

Selanjutnya, Tanoto Scholars diajari teknik public speaking karena kemampuan berbicara di depan umum sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, dan mereka diharapkan terampil untuk berkomunikasi sesudah selesai mendapatkan pelatihan.

Materi berikutnya ialah tips dan trik dalam menulis blog. Dalam dunia digital seperti sekarang ini, kemampuan literasi semacam ini kian krusial. Seseorang bisa menciptakan citra diri masing-masing lewat menulis.

“Agar kalian eksis, menulislah,” tegas Nurulloh. “Menulis blog tidaklah sesulit yang kalian bayangkan. Jika kalian sulit mendapatkan ide, tulislah apa yang kalian suka, kemudian, baru menulis dengan apa yang dibutuhkan oleh orang lain.”

Pemberian materi Personal Branding dapat membuat para Tanoto Scholars lebih unggul karena mereka telah dibekali dengan cara menampilkan citra diri di hadapan publik hingga dapat menentukan masa depan masing-masing.

Berbeda dengan beasiswa Indonesia lainnya, Tanoto Foundation memang bertujuan untuk menghadirkan calon pemimpin Indonesia di masa depan yang berguna bagi masyarakat dan bangsa.