Pembangunan IPB Di Kabupaten Sukabumi

Pembangunan IPB Di Kabupaten Sukabumi

Pembangunan perguruan tinggi berkualitas harus selalu diupayakan agar peningkatan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia akan semakin berkembang secara pesat. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mendukung hal tersebut adalah dengan membangun beberapa PTN di beberapa wilayah. Salah satunya yaitu IPB (Institut Pertanian Bogor) yang akan dibangun di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pemprov Jawa Barat berupaya untuk membangun IPB di Kabupaten Sukabumi untuk meningkatkan SDM berkualitas di sektor pertanian dan perikanan mengingat Kabupaten Sukabumi merupakan wilayah agraris yang begitu potensial.

Lahan yang dibutuhkan untuk membangun kampus IPB di Kabupaten Sukabumi ditaksir hingga 11 hektar luasnya. Menurut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, pembangunan IPB Kabupaten Sukabumi masih berjalan dalam tahap pembicaraan antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten setempat. Proses pembicaraan dan keputusan mengenai pembangunan kampus tersebut diusahakan dilakukan secepat mungkin sehingga program studi IPB Sukabumi dapat dibuka mulai tahun ini. Jadi sebelum kampus mulai berdiri, kegiatan mahasiswa program D3 IPB Sukabumi dilaksanakan di Kampus Politeknik Sukabumi dan program S1 dilakukan di Kampus IPB Darmaga dengan kegiatan asrama seperti biasanya.

Berbagai respon positif mengenai pembangunan Institut Pertanian Bogor di Kabupaten Sukabumi muncul dari berbagai kalangan masyarakat. Tujuan peningkatan kualitas pendidikan menjadi salah satu alasan yang membuat hal ini direspon dengan baik oleh semua kalangan masyarakat dan pelajar yang berniat untuk melanjutkan pendidikan tinggi dengan menempuh studi di sektor pertanian. Selain itu, peserta didik yang ada di Sukabumi juga diharapkan bisa menikmati fasilitas pendidikan yang lebih baik dengan biaya yang lebih terjangkau mengingat lokasi kampus yang lebih dekat.

Pembangunan kampus IPB Sukabumi dan pembangunan beberapa PTN lainnya yang dilakukan oleh Pemprov Jawa Barat diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Jawa Barat sehingga peningkatan kualitas SDM di berbagai macam sektor semakin optimal. Pembangunan IPB (Institut Pertanian Bogor) di Sukabumi juga diharapkan bisa memicu perkembangan kualitas SDM yang maksimal khususnya di sektor agraris dan pertanian.