Nutrisi – Nutrisi yang Dibutuhkan Bayi Untuk Dukung Daya Tumbuh Kembangnya

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh dengan sehat. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh orang tua agar buah hati tumbuh dengan sehat adalah dengan memberikan asi ekslusif. Seperti yang sudah diketahui, manfaat asi ekslusif sangatlah banyak, di antaranya adalah sebagai sistem imunitas tubuh pertama bagi anak.

Oleh karena itu penting bagi Anda sebagai ibu untuk memberikan asi ekslusif selama dua tahun penuh. Meskipun demikian, Anda juga harus memperhatikan nutrisi lain yang dibutuhkan bayi. Apalagi jika bayi sudah menginjak usia 6 bulan, dimana Anda harus mulai memikirkan menu sebagai MPASI – nya ( makanan pendamping asi ).

Agar lebih jelas, berikut ini akan kami ulas mengenai nutrisi – nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk mendukung daya tumbuh kembang bayi mulai dari pertumbuhan fisik hingga otaknya.

Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu jenis mineral yang berperan penting dalam menproduksi hemoglobin. Dengan asupan zat besi yang cukup, maka akan memperlancar sel darah merah yang berperan membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Selain itu, zat besi juga memiliki peran penting dalam meningkatkan memori otak serta membantu perkembangan keterampilan motorik. Oleh karena itu cukupi asupan nutrisi untuk si kecil minimal 11 mg yang bisa diperoleh dari daging sapi, ikan, ayam, telur, alpukat, bayam dan brokoli.

Zinc

Zinc juga turut berperan dalam meningkatkan perkembangan otak si kecil. Mineral jenis ini membantu produksi sel darah putih yang mampu melawan infeksi yang mungkin saja menyerang tubuh serta membantu memastikan sel – sel dalam tubuh dapat tumbuh dengan baik. Zinc ini bisa diperoleh dari makanan – makanan yang juga mengandung zat besi seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya.

Vitamin D dan Kalsium

Seperti yang sudah diketahui, kalsium memiliki peran penting dalam menguatkan struktur tulang dalam tubuh. Sedangkan vitamin D membantu penyerapan kalsium. Inilah salah satu manfaat asi ekslusif dan susu formula yang diberikan untuk anak, karena keduanya juga turut menyumbang kalsium. Walaupun demikian, Anda juga harus memberikan asupan kalsium tambahan. Kedua nutrisi penting ini bisa didapatkan dari telur dan ikan.

Vitamin A, B, C dan E

Bunda, tahukah Anda jika vitamin – vitamin ini merupakan paket lengkap nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi? Vitamin – vitamin ini membantu mengoptimalkan perkembangan saraf, kulit, organ mata hingga meningkatkan sistem imun tubuh. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menambahkan beragam jenis sayuran yang mengandung vitamin – vitamin tersebut.

Untuk vitamin A sendiri bisa diperoleh dari wortel dan ubi. Lalu untuk vitamin B bisa didapatkan dari sayur – sayuran yang berwarna hijau serta pisang. Vitamin C bisa diperoleh dari buah jeruk, stroberi, melon hingga tomat. Sedangkan vitamin E bisa didapat dari biji – bijian atau kacang – kacangan.

Omega – 3

Bukan hal baru lagi jika omega 3 terbukti bagus untuk kesehatan jantung. Selain itu, omega 3 juga memiliki andil dalam meningkatkan perkembangan otak dan mata. Bukan itu saja, berbagai penelitian juga berhasil membuktikan bahwa omega 3 dapat membantu perkembangan kognitif bayi. Omega 3 juga mempermudah tubuh dalam menyerap vitamin E dan A. Omega 3 bisa didapat dari salmon dan alpukat.

Wah, ternyata nutrisi yang dibutuhkan bayi sangatlah banyak ya. Bahkan bahan – bahan dasar kaya akan nutrisi tersebut sangatlah mudah untuk didapatkan. Dengan memberikan asi ekslusif serta dilengkapi dengan nutrisi – nutrisi seperti yang disebutkan di atas tentu akan mampu mengoptimalkan daya tumbuh si kecil. Si kecil pun tumbuh dengan sehat dan juga ceria.