Manfaat Olahraga Badminton untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Olahraga Badminton untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Olahraga Badminton untuk Kesehatan Tubuh – Bulutangkis atau Badminton merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup populer di Indonesia. Bahkan atlet bulutangkis asal Indonesia sendiri terkenal sebagai atlet Bulutangkis terbaik. Selain menjadi jenis olahraga yang menghibur, ternyata jenis olahraga ini sangat menyehatkan. Hal ini dikarenakan, olahraga ini dituntut untuk menggerakan seluruh tubuh pada saat memainkannya.

Lalu, apa saja manfaat olahraga badminton bagi kesehatan? Untuk mengetahui informasi lebih jelasnya, langsung saja kita simak informasinya dibawah berikut ini.

  1. Dapat menurunkan berat badan

Dengan bermain olahraga ini selama 1 jam, maka kalori di dalam tubuh akan terbakar sebanyak 480 kalori. Maka jika melakukannya selama 1 bulan, berat badan anda bisa turun sebanyak 4 kilogram. Sungguh tidak disangka, bukan?

  1. Dapat membentuk otot tubuh

Jika anda ingin memiliki tubuh yang bagus, maka cobalah untuk rutin bermain olahraga bulutangkis. Karena olahraga yang satu ini mampu membakar timbunan lemak di seluruh bagian tubuh terutama pada bagian pinggang, paha dan juga pantat. Selain itu, olahraga yang satu ini juga sangat efektif untuk membrntuk otot tubuh.

  1. Meningkatkan sistem metabolisme tubuh

Dengan rajin bermain olahraga ini, maka secara tidak langsung mampu meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh anda. Dengan demikian, maka tubuh akan terasa jauh lebih sehat dan kuat.

  1. Memperkuat Tulang

Bermain olahraga bulutangkis sangat baik untuk menjaga dan memperkuat tulang dengan mengumpulkan matriks kalsium. Selain itu, bagi kaum remaja bermain olahraga ini mampu mempercepat pertumbuhan tulang sehingga dapat menjadikan tubuh tumbuh tinggi dan sehat.

  1. Mampu menurunkan resiko diabetes

Olahraga bulutangkis adalah jenis olahraga yang termasuk kedalam aktivitas fisik yang intens, sehingga dengan rutin melakukan olahraga ini mampu menurunkan resiko penyakit diabetes.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi

Bagi anda yang memiliki riwayat darah tinggi atau hipertensi, maka sebaiknya anda mencoba melakukan olahraga yang satu ini. Hal ini dikarenakan, olahraga bulutangkis mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan mampu menghasilkan reaksi tubuh untuk melawan sifat adiktif yang dihasilkan dari obat-obatan.

  1. Meningkatkan fungsi organ paru-paru

Bulutangkis merupakan jenis olahraga yang cukup aktif, sehingga bermain bulutangkis mampu meningkatkan fungsi paru-paru dan sekaligus mengurangi kebiasaan mendengkur saat tidur.

Setelah anda semua mengetahui manfaat olahraga badminton ini, maka tidak ada salahnya jika anda mencoba olahraga yang satu ini bersama dengan teman atau kerabat terdekat anda. Selamat mencoba !