Makanan Sehat Untuk Penyakit Jantung Ini Penting Untuk Dikonsumsi

Makanan Sehat Untuk Penyakit Jantung Ini Penting Untuk Dikonsumsi

Makanan Sehat Untuk Penyakit Jantung Ini Penting Untuk Dikonsumsi – Menjaga kesehatan jantung adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Penyakit jantung adalah penyakit nomor 1 yang memiliki resiko kematian paling besar di dunia. Dan yang paling sering diderita oleh masyarakat adalah penyakit jantung joroner. Penyakit ini disebabkan oleh adanya penyumbatan dinding pada pembuluh darah yang pada akhirnya membuat jantung tidak dapat memberikan suplai darah menuju jantung dengan melalui arteri koroner. Penyumbatan itu sendiri disebabkan oleh lemak yang mengendap di dinding arteri atau yang seringkali disebut dengan plak.

Untuk menjaga kesehatan jantung itu sendiri bisa dilakukan dengan rutin melakukan olahraga serta penerapan pola hidup sehat. Dalam hal ini tentunya juga sangat berkaitan dengan makanan yang kita konsumsi. Untuk mencegah atau mengatasi penyakit-penyakit yang bisa mengancam kesehatan jantung, kita harus memperhatikan makanan jenis apa saja yang boleh atau tidak dikonsumsi.

Lalu, jenis makanan sehat untuk penyakit jantung itu apa saja ya? Cari tahu yuk! Agar kita semakin cerdas dalam menjaga kesehatan jantung atau dalam mengatasi penyakit jantung tersebut.

Cokelat Hitam

Selain rasanya yang enak dan dapat menenangkan pikiran, ternyata cokelat juga dapat dikonsumsi sebagai treatment dalam mengatasi penyakit jantung loh! Kandungan flavanol yang ada pada cokelat memiliki manfaat yang dapat meningkatkan sistem imunitas, sebagai pengencer darah – sehingga resiko tersumbatnya pembuluh darah bisa diminimalisir dan menjaga kesehatan jantung. Namun tetap konsumsi dengan kadar sewajarnya ya, jangan berlebihan.

Kismis

Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh si mungil kismis ini dapat melawan bakteri yang dapat merusak kesehatan gusi kita. Seperti yang kita ketahui, peradangan pada gusi dapat menimbulkan penyakit-penyakit lainnya, seperti penyakit jantung. Oleh sebab itu, mengkonsumsi kismis secara rutin bisa menjadi langkah sederhana yang juga menyehatkan. Sebab apabila gusi kita sehat, resiko penyakit jantung juga bisa diminimalisir.

Yoghurt

Ahaa! Siapa yang tidak tahu makanan sehat satu ini? Yoghurt yang notabene merupakan hasil dari susu yang telah melalui fermentasi bakteri ini menjadi salah satu makanan sehat untuk penyakit jantung yang paling digemari. Selain rasanya yang segar dan melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh kita, yoghurt ini mampu menjadi alternatif untuk mencegah atau mengatasi penyakit jantung.

Jenis makanan ini menjadi primadona dalam menjaga kesehatan gusi. Sebab meskipun kismis juga dapat melawan bakteri yang menyerang gusi, namun kandungan probiotik atau bakteri baik yang dimiliki yoghurt dinyatakan jauh lebih efektif untuk menjaga kesehatan gusi.

Hal tersebut disimpulkan berdasarkan penelitian yang dilakukan di Jepang terhadap makanan yang dikonsumsi oleh 1.000 orang dewasa dan dari penelitian itu ditemukan bahwa orang yang rajin mnegkonsumsi yoghurt memiliki gusi yang jauh lebih sehat.

Demikian tadi beberapa jenis makanan sehat untuk penyakit jantung yang bisa mulai dikonsumsi secara rutin agar resiko penyakit jantung bisa diminimalisir atau bisa diatasi sedini mungkin. So, mulai hari ini sayangi jantung kita ya! Agar nikmat sehat senantiasa bisa kita miliki.