Keren, NASA Panggil Dua Bocah Indonesia Untuk Membantu Penelitiannya

Penemuan Ilmiah Dilirik NASA

Indonesia patut berbangga karena memiliki dua anak bangsa mampu mengharumkan nama tanah air. Gilbert Nadapdap dan Gomos Parulian Manalu siswa SMA Unggul Del, Sumatera Utara, diundang lembaga antariksa Amerika Serikat, National Aeronautics and Space Administration (NASA).

Dua siswa tersebut diundang ke markas NASA di San Jose, Amerika Serikat untuk menguji hasil penelitiannya. Gilbert dan Gomos selama ini meneliti tentang ‘Micro-Aerobic Fermentation With Micro Gravity’. Mereka berangkat pada Minggu 24 Januari 2016.

Diapresiasinya hasil karya dua anak bangsa itu ditanggapi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukan) Luhut Bisar Pandjaitan.

“Saya bangga melihat anak-anak didik saya dari kampung Sitoluama-Sumut ini mampu melewati proses seleksi yang dilakukan oleh NASA, hingga sekarang mereka berhasil masuk pada tahapan terakhir tes di NASA,” tulis Luhut dalam akun Fan Page Facebook miliknya.

Tes terakhir tersebut akan menentukan apakah micro lab mereka yang meneliti tentang layak diterbangkan ke stasiun ruang angkasa milik NASA tahun ini atau tidak. Dua siswa tersebut didampingi gurunya saat berangkat ke negeri Paman Sam.

“Sebelum mereka bertolak ke Amerika, saya berpesan kepada mereka bahwa selama di San Jose, mereka bukan hanya mewakili SMA Unggul Del Del tapi juga mewakili seluruh anak-anak SMA di Indonesia,” ujarnya.

Luhut berharap dua siswa SMA Unggul Del dan dua guru berangkat ke Amerika itu mendapatkan hasil positif dari apa yang telah dikerjakan selama di Indonesia.

“Kepada Gilbert Nadapdap, Gomos Parulian Manalu serta kepada Ibu guru Elin Bawekes dan Arini Desianti Parawi, saya ucapkan selamat bekerja dan selamat berjuang!” tegasnya.