Kenali 4 Ciri Kerusakan Ini Pada Pompa Air

Terkadang kerusakan yang terjadi baik pada mesin pompa air atau alat elektrik lainnya lamban atau telat terdektesi, sehingga mengakibatkan kerusakan yang malah semakin parah. Agar hal itu tidak terjadi pada mesin pompa air Anda, kenali ciri – ciri dan tanda – tanda kecil pompa air yang mengalami kerusakan agar pompa air Anda dapat berumur panjang apa lagi kini harga jual pompa air tidak murah untuk kualitas yang baik.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman dan pengetahuan sedikit tentang bagaimana cara mengetahui tanda – tanda kerusakan kecil pada pompa air, berikut penjelasannya.

Air Tidak Mengalir Kencang

Jika aliran air pada rumah Anda tidak mengalir kencang seperti biasanya dan pada hal tetangga sebelah aliran airnya kencang dan tidak ada masalah, perlu Anda waspadai karena bisa jadi ada komponen mesin pompa air yang mengalami masalah. Beberapa komponen yang mempengaruhi aliran penyedotan air adalah seperti impeller atau sistem pemopaan pada mesin dan terjadinya kebocoran pada pipa pemompaan air.

Suara Mesin Berat, Bising, Kasar

Pompa air tiba – tiba bersuara berat, bising, kasar namun mesin pompa bekerja dan mengalirkan air seperti biasanya, bisa kemungkinan ada kerusakan atau memang kondisi pempompaan air saat itu sedang tidak baik. Jika hal ini terjadi dalam jangka waktu berhari – hari Anda harus melakaukan pengecekan secepatnya pada mesin pompa air agar tidak terjadi kerusakan yang semakin parah. Jika ada suku cadang pompa air yang harus diganti, Anda bisa mencari suku cadang pompa ari ditempat toko jual pompa air yang Anda beli.

Mesin Mati dan Menyala

Mesin pompa air dirumah Anda sering kali mati sendiri dan akan menyala jika kabel pada mesin pompa diguncang – guncangkan? Ini kemungkinan terjadi akibat adanya saluran kabel yang tidak tersambung atau lepas, segera lakukan perbaikan agar tidak terjadi hubungan arus pendek pada mesin pompa air Anda.

Mesin Berjalan Namun Air Tidak Keluar

Jika mesin pompa air Anda mengalami masalah dimana mesin menyala namun air tidak keluar dan dibarangi dengan suara mesin yang berat dan kasar, Anda tidak perlu panik untuk cepat – cepat membongkar mesin pompa. Bisa jadi hal itu disebabkan karena kondisi air dalam tanah sedang surut  sehingga butuh pancingan terlebih dahulu agar air dapat keluar dan mesin dapat menyedot.

Nah itulah 4 ciri – ciri umum kerusakan mesin pompa air yang bisa Anda ketahui jika mesin pompa air Anda mengalami masalah. Agar ke 4 hal diatas tidak terjadi pada mesin pompa Anda, tentunya Anda harus melakukan perawatan pada mesin pompa air secara berkala dan sebelum memasang pompa air cek terlebih dahulu mata air dan kondisi air tanah Anda agar Anda dapat menentukan jenis pompa air yang cocok untuk Anda gunakan. Karena terdapat banyak jenis di jual pompa air yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dirumah Anda.