Gurihnya Sop Buntut Sapi Untuk Santapan Siangmu

 

Masakan Indonesia sudah banyak diakui dunia, dan memang menjadi masakan yang super lezat. Penggunaan bahan baku alami serta bumbu yang masih asli resep nenek moyang menjadi kelebihan tersendiri dari masakan-masakan Indonesia. Salah satunya adalah Resep Sop Buntut Sapi dari Royco ini.

Dari mulai kudapan, snack, sayur, sampai dengan sayur berkuah menjadi masakan idola banyak orang Indonesia sebagai pembuatnya dan semua orang di dunia sebagai penikmatnya. Ada rasa khas Indonesia di setiap masakan Indonesia, bahkan menjadi identitas masyarakat Indonesia itu sendiri.

Sop Buntut Sapi ini ini adalah salah satu masakan Indonesia berkuah yang sangat khas rasanya. Siapa pun yang merasakannya, pasti akan ketagihan. Campuran bumbu asli Indonesia dengan kuah kaldu yang kental membuat sop ini banyak digemari. Bukan hanya sebagai masakan rumahan, namun sering dijadikan menu andalan di restoran-restoran Indonesia.

Untuk membuat Sop Buntut Sapi yang lezat, berikut adalah resep sop buntut sapi yang lezat dan nikmat:

Bumbunya terdiri dari: merica bubuk (1 sdt), pala (1 butir), bawang putih (6 siung), cengkeh (5 buah), gula, garam, tomat (1 buah), kayu manis (2 cm), dan bumbu penyedap rasa sapi. Kemudian untuk bahannya: ada buntut sapi (1 kg) dipotong-potong, air (2000 ml), minyak goreng (2 sdm), kentang (3 buah) dipotong dadu, dan wortel (4 buah) dipotong-potong. Sedangkan untuk bahan pelangkapnya juga harus dipersiapkan, seperti: bawang goreng. Irisan seledri, irisan daun bawang, sambal, jeruk nipis, dan kerupuk.

Cara membuat Sop Buntut Sapi yang lezat dan nikmat:

  1. Rebus buntut atau ekor sapi yang sudah dicuci bersih selama seperempat jam. Setelah matang lalu buang airnya.
  2. Di panci yang baru, didihkan air dan masukkan rebusan buntut sapi tadi beserta kayu manis dan cengkeh. Masak sampai kaldunya cukup. Setelah itu matikan api.
  3. Selanjutnya, kita haluskan bumbu-bumbu: garam, merica, pala, bawang putih dihaluskan. Setelah itu ditumis sampai harum lalu diangkat.
  4. Nyalakan api lagi, lalu masukkan bumbu tadi ke dalam panci yang sudah berisi buntut sapi tadi. Masukkan wortel dan kentang dan masak sampi empuk. Jangan lupa menambahkan penyedap rasa, garam, dan gula secukupnya.
  5. Setelah matang dan buntut sapi sudah dirasa mencapai kematangan yang sempurna, sajikan sop buntut sapi dengan bawang goreng, dau bawang, seledri, dan jeruk nipis, serta kerupuk.

Resep Sop Buntut Sapi dari Royco ini sangatlah mudah untuk diterapkan. Rasanya sudah pasti sangat lezat karena didukung dengan bumbu alami yang rasanya sudah sangat akrab dengan lidah orang Indonesia. Apalagi jika sop ini dimakan saat masih hangat di siang hari. Tentu rasanya semakin lezat.