Dampak Dari Pernikahan Beda Agama Untuk Masa Depan Keluarga

Dampak Dari Pernikahan Beda Agama Untuk Masa Depan Keluarga

Dampak Dari Pernikahan Beda Agama Untuk Masa Depan Keluarga – Nikah berasal dari bahasa arab yang didalam bahasa Indonesia sering diterjemahkan dengan perkawinan . Nikah menurut istilah syariat Islam adalah akad yang menghalalkan pergaulan antara laki – laki dan perempuan yang tidak ada hubungan mahram sehingga dengan akad tersebut terjadi hak dan kewjiban antara kedua insan.

Di negara kita banyak sekali terjadi pernikahan beda agama meskipun sudah dilarang, perkawinan beda agama masih terus dilakukan. Berbagai cara ditempuh, demi mendapatkan pengakuan dari negara. Banyak cara yang sering ditempuh pasangan beda agama agar pernikahannya dapat dilangsungkan. Pada intinya pernikahan itu juga dilandaskan dengan kepercayaan atau agama  yang sama.  Lalu apakah dampak dari pernikahan beda agama itu ?  Nah , berikut akan saya jelaskan apakah dampak dari pernikahan beda agama.

Dampak yang terjadi pada  pernikahan beda agama terhadap keluarga tentunya sangat menganggu sebuah pernikahan tersebut. Larangan perkawinan  antar  pemeluk  agama  yang  berbeda  itu agaknya  dilatarbelakangi  oleh  harapan akan lahirnya sakinah dalam keluarga dan bagaimana mendidik anak-anak mereka. karena pada dasarnya seorang anak akan kebingungan untuk mengikuti ayahnya atau ibunya.

Perkawinan baru  akan  langgeng  dan  tenteram jika  terdapat  kesesuaian  pandangan  hidup  antar  suami dan istri  karena jangankan  perbedaan  agama,  perbedaan  budaya, atau  bahkan  perbedaan  tingkat  pendidikan  antara suami dan istri pun tidak  jarang  mengakibatkan  kegagalan  perkawinan. Dengan pernikahan ini akan muncul perseteruan pada orangtua serta anak.

Ditambah lagi bila latar belakang dari orangtua tersebut adalah penganut agama yang patuh. Otomatis mereka tidak akan pernah sepakat bila anak yang telah mereka besarkan dengan penuh kasih sayang, pada akhirnya terperosok dengan memutuskan salah , akni menikah dengan orang yang tidak sama agama .Pernikahan beda agama dapat menyebabkan konsekuensi jangka panjang dari sisi psikologis. Ada banyak tantangan yang dihadapi oleh keluarga yang di dalamnya terdapat perbedaan agama antara pasangan.

Mulai dari konflik antara pasangan, konflik dengan orang-orang di luar pasangan, penentuan agama anak dan cara anak dibesarkan. Tantangan terakhir merupakan permasalahan yang paling melibatkan emosi karena menyangkut kepentingan banyak pihak .

Sumber Artikel: Taralite.com