Daftar Tempat Wisata Di Jogja

daftar tempat wisata di jogja

Daftar Tempat Wisata di Jogja Untuk Keluarga – Jogja merupakan salah satu wilayah yang menyimpan berjuta keindahan alam dan mengandung nilai sejarah yang cukup tinggi, dan Tempat Wisata di Jogja sendiri sebenarnya terdapat hingga puluhan bahkan ratusan tempat wisata jogja, namun yang akan kami rangkum dihalaman ini merupakan tempat wisata yang paling favorit atau paling sering di kunjungi oleh wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri .

Wisata memang tak lepas dengan kata “Berlibur” yang secara tidak langsung memiliki arti menghibur diri dikala libur, bisa juga meliburkan diri untuk menghibur diri, baik dengan pasangan maupun bersama keluarga . Dan Wisata Jogja sendiri merupakan salah satu wisata yang cocok untuk dikunjungi karena keindahan alamnya yang tak ternilai harganya . Berikut Nama wisata dan alamatnya secara lengkap :

1. Taman Pintar Yogyakarta (Jogja)

Merupakan salah satu taman yang menyediakan wahana pembelajaran, tepatnya Taman Pintar ini adalah salah satu wisata Edukasi yang ada di Jogja . Disana semua orang dapat mengamati dan mengetahui / mempraktekan secara langsung segala tentang sains . apa salahnya jika anda berlibur sekalian belajar . Salah satu Tempat Wisata di Jogja ini memang menjadi incaran para pelajar yang harga tiket masuknya juga sangat murah, yakni seharga Rp. 15.000,- Dewasa, anak-anak hanya Rp. 8.000,- . Lokasi Taman Pintar Jogja berada di Jl. Senopati No. 1-3 Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) .

2. Wisata Kota Gede Jogja

Merupakan salah satu Tempat Wisata di Jogja yang sangat bersejarah pula selain candi yang ada. Kota Gede memiliki banyak toko perak tradisional yang diiringi oleh rumah berubin mozaik disepanjang jalan. Kabarnya kota ini merupakan Panembahan senopati yang mana seorang pendiri kerajaan Mataram Baru. Konon Senopati ini membangun Istananya sejak Tahn 1575. perlu diketahui pula bahwa ia merupakan keturunan dari penguasa mataram kuno yang berhasil membangun Candi Prambanan dan Candi Borobudur . Alamatnya berada di Kota Gede Yogyakarta .

3. Wisata Jogja Pantai Baron

Pantai Baron adalah Tempat Wisata di Jogja yang sangat ramai pengunjung, keindahan pantai yang bersih nan elok membuat para pengunjung mengabadikan setiap pemandangan indah disana. Wajar saja, Pantai ini awalnya adalah sebuah teluk yang dihimpit oleh dua bukit disisi kanan dan sisi kiri . Lokasinya berada di Jl. Kanigoro Jogja, Tepatnya 65 Km dari Pusat Kota Yogyakarta .

4. Candi Plaosan

Adalah sebuah candi yang dibangun oleh Rakai Panangkaran yang merupakan seorang Raja dari Dinasti Syailendra yang pernah ikut mendirikan Candi Sewu dan Candi Borobudur . Letaknya sendiri berada di sisi Candi Prambanan yang memiliki pesona dan pemandangan yang sangat unik. Tempat Wisata di Jogja berupa Candi Plaosan ini cocok sekali untuk mengabadikan moment indah ini dengan berfoto disana . Alamatnya berada di Jl. Kokosan Prambanan Jogja .

5. Museum Sonobudoyo

Wisata Museum Sonobudoyo Jogja ini berhasil diresmikan pada tahun 1935 oleh Sri Sultan Hamengkubuwana ke VIII. Museum ini memiliki banyak sekali prasasti / benda / tepatnya sebuah koleksi budaya terlengkap kedua di Indonesia setelah MNRI / Museum Nasional Republik Indonesia . Lokasi di Jl. Trikora No.6 Pendowoharjo DIY .

6. Istana Taman Sari

Inilah salah satu Tempat Wisata Jogja yang sangat murah yakni hanya Rp. 5000,- saja per orang . Konon, Taman Sari dulunya merupakan salah satu tempat berlindung atau benteng pertahanan pada jaman dahulu karena memang banyak penjajah atau musuh, selain itu juga Taman Sari merupakan salah satu tempat meditasi bagi keluarga kerajaan Yogyakarta. Dan jika anda berkunjung kesana pasti akan menemukan prasasti bangunan kuno yang sangat unik dan menarik untuk berfoto, selain itu pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk segar akan mewarnai setiap perjalanan anda disana.

7. Wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata di jogja paling favorit, bagaimana tidak, seluruh penduduk indonesia pada umumnya mengetahui akan keberadaan candi yang beersejarah ini . Candi Borobudur merupakan salah satu candi terbesar diseluruh Dunia, untuk lokasinya berada di 40 KM dari pusat Kota Jogja .

8. Gunung Merapi

Inilah salah satu wisata paling menarik di Jogja, karena memang Gunung Merapi ini sudah sangat terkenal, apalagi sejak dirilisnya Film Misteri Gunung Berapi membuat orang penasaran akan keberadaan gunung ini, tepatnya ada di Jogja, dan disana akan anda nikmati sebuah pemandangan matahari terbit yang sangat Indah. Wisata alam satu ini cocok sekali bagi para pecinta pendakian .

9. Gembira Loka

Gembira Loka saat ini berbeda jauh dengan beberapa tahun yang lalu, tepatnya saat ini terdapat banyak wahana yang sangat menarik, selain itu anda bisa sekalian menikmati atau berinteraksi secara langsung dengan binatang yang ada disana. Meski Harga tiket masuk sekitar 25 ribu, namun terbilang murah karena disana cukup luas untuk anda dapat melepas kelelahan dan menghibur diri bersama keluarga .

Untuk tempat wisata lainnya sebagai berikut :

  • Keraton Jogja
  • Arum Jeram Citra Elo
  • Goa Jomblang
  • sepanjang jalan Malioboro
  • Pantai Parangtritis
  • Candi Prambanan
  • Waduk Sermo
  • Puncak Suroloyo
  • Bukit Parang Endog
  • Candi Sambisari
  • Curug Indah
  • Pantai Pok Tunggal
  • Air Terjun Sri Gethuk
  • Bukit Bintang
  • Pasar Malam Sekaten

Usai sudah yang dapat kami rangkum mengenai Daftar Tempat Wisata di Jogja serta alamatnya yang cocok untuk keluarga, terimakasih telah berkunjung dan menyimaknya .