Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan baik bukan hal mudah, salah dalam mengelola keuangan dapat meningkatkan uang yang terbuang hanya untuk hal yang tidak dibutuhkan. Permasalahan keuangan keluarga biasanya bukan dari penghasilan yang kurang, namun penyebab utama adalah cara pengelolaan keuangan keluarga yang kurang tepat. Berikut beberapa tips agar keuangan rumah tangga dapat cukup bahkan sisa untuk liburan dan tabungan lainnya.

1. Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Melihat Penghasilan Utama

Cara mengatur keuangan rumah tangga memang harus melihat penghasilan utama keluarga, seberapa besar dana untuk keluarga, jika penghasilan tiap bulan tidaklah tetap, cobalah untuk ambil rata-rata perbulannya, jika sudah mendapatkan penghasilan konstan lalu dapat membagi sesuai kebutuhan.

2. Tentukan Tujuan atau Cita-Cita Finansial Keluarga

Susun target utama yang ingin kalian raih secara berkala, susunlah tujuan yang spesifik dan realistis dalam kurun waktu tertentu, tujuan utama dari tips ini adalah untuk meminimalisir kebutuhan konsumtif yang kurang dibutuhkan oleh keluarga, sehingga lebih fokus ke tujuan utama keuangan keluarga, cara mengatur keuangan rumah tangga yang terpenting adalah mementingkan kebutuhan daripada keinginan.

3. Susun Rencana Keuangan Rumah Tangga

Cobalah untuk susun rencana secara detail kebutuhan rumah tangga, tulislah dalam selembar kertas lalu tempelkan di tempat yang mudah dilihat, mulai dari pembelian makanan, sandang pangan, peralatan dapur, dan jangan sungkan untuk menuliskan kebutuhan untuk pergi ke salon maupun kebutuhan pribadi lainnya. Cara mengatur keuangan rumah tangga bertujuan untuk menghindari banyaknya uang yang terbuang sia-sia.

4. Bagi Uang Keluarga Perbulannya Sesuai List Rencana yang Sudah Dibuat

Jika sudah membuat list, cobalah untuk membagi sesuai dengan list yang sudah disediakan. Jangan lupa untuk menyisihkan sedikit uang tersebut untuk tabungan maupun kebutuhan mendadak.

5. Jangan Mencampur Keuangan Pribadi Dengan Keuangan Rumah Tangga

Janganlah mencampur keuangan pribadi dengan keuangan rumah tangga, karena jika kalian mencampurnya, cara mengatur keuangan kalian rumah tangga kalian akan berantakan.

6. Hindari Hutang Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Hutang adalah hal yang beresiko untuk sebagian orang dikarenakan jika kita berhutang maka besar potensi untuk melunasinya dikemudian hari, bisa jadi kita menggunakan anggaran bulan depan untuk melunasi hutang kalian saat ini. Dalam buku pakar keuangan mengatakan jika hutang tidak untuk kebutuhan konsumtif. Untuk itu lebih bijak dalam menggunakan hutang.

7. Tabung atau Investasikan Sisa Kebutuhan Rumah Tangga

Jangan lupa untuk menabung sisa kebutuhan rumah tangga, biasanya uang tabungan tersebut dapat digunakan untuk liburan, kebutuhan mendadak, maupun kebutuhan lainnya. Jika bisa cobalah untuk kembangkan cara mengatur keuangan rumah tangga dengan sisa uang sebagai investasi yang dapat digunakan untuk mempercepat cita-cita dan tujuan utama keuangan keluarga.