Cara Agar Cepat Tidur

Cara Agar Cepat Tidur

Tidur merupakan salah satu cara untuk mendapatkan energi tubuh kembali dengan cara mengistirahatkannya sementara. Waktu yang diperlukan sekitar 6 hingga 7 jam per hari. Namun, dikarenakan beberapa faktor, tidur dapat terganggu. Mulai dari waktu tidur yang berkurang hingga susah tidur. Di masyarakat, salah satu cara agar cepat tidur adalah dengan cara meminum susu.

Cara Cepat Tidur

Berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat membuat Anda cepat mengantuk dan merupakan salah satu cara agar cepat tidur:

1. Teh hijau dan teh chamomile karena mengandung theanine.

2. Susu, yogurt dan keju mengandung tripofan dan nutrisi. Efek kalsium dapat mengurangi stress dan menstabilkan syaraf otak.

3. Pisang dengan kandungan magnesium dan potasium yang merilekskan otot dan tripofan diubah menjadi serotonin dan melatonin dapat menenangkan hormon otak.

4. Buah ceri meningkatkan suplai melatonin yang dapat membantu orang yang mengidap insomnia.

5. Semangkuk kecil sereal untuk meningkatkan efek tidur karena tripofan dalam karbohidrat kompleks.

6. Kacang almond kaya magnesium membantu merelaksasi otot dan menyediakan protein untuk menjaga kestabilan gula darah selama tidur dan mematikan siklus adrenalin sehingga mengantuk.

7. Sup miso karena dalam miso terdapat asam amino yang meningkatkan produksi melatonin yang merupakan hormon alami yang dapat membuat mengantuk.

8. Oatmeal kaya akan kalsium, fosfor dan silikon untuk mendukung tidur. Disarankan untuk memilih oatmeal tawar.

9. Kedelai mengandung fitoestrogen sangat membantu terutama bagi yang memasuki menopuse.

Tidak hanya karena masalah yang sedang dialami, susahnya tidur dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya makan larut malam yang dapat memicu Gastro Esophageal Reflux Disorder (GERD) yaitu asam lambung yang naik ke kerongkongan yang dapat menyebabkan mulas dan refluks asam. Kedua yaitu pekerjaan yang menyebabkan pikiran tertuju pada hal yang belum selesai dan deadline. Menonton televisi merupakan penyebab susah tidur selanjutnya karena adegan atau berita yang dilihat dapat mengacaukan pikiran hingga alam bawah sadar Anda.

Beberapa tindakan yang merupakan cara agar cepat tidur selain mengkonsumsi makanan diatas yaitu:

1. Meminimalkan atau matikan cahaya misalnya tv karena cahaya mempengaruhi proses produksi hormon melatonin. Semakin terang akan semakin menghambat.

2. Hindari melihat ke arah jam karena akan merasa khawatir tentang sisa waktu tidur sebelum esok hari.

3. Menghindari makanan atau minuman yang mengandung caffeine minimal 9 jam sebelum tidur.

4. Mengatur jadwal tidur karena akan membantu tubuh mengingat siklus bangun dan tidur dengan sehat dan teratur.
Olahraga sebaiknya dilakukan dengan jarak dari waktu tidur sekitar 3-4 jam.

5. Menetralisir suara

6. Jangan merokok sebelum tidur dan usahakan berhenti maksimal 4 jam sebelum tidur.

7. Jauhkan binatang peliharaan.

8. Merelakskan pikiran

9. Menggunakan bantal yang tepat

Selain cara diatas, dapat juga dengan membersihkan tempat tidur. Hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi kualitas tidur. Kamar tidur yang kurang terawat akan menyebabkan banyaknya debu, menyebabkan gatal sehingga kualitas tidur Anda dapat terganggu. Terutama bagi Anda yang mempunyai alergi, hal ini dapat sangat menggangu. Dan sebaiknya bersihkan tempat tidur secara teratur.

Menggunakan aroma terapi, mendengarkan musik yang dapat menenangkan pikiran, membayangkan hal yang menyenangkan untuk pikiran lebih tenang, menggunakan pakaian yang longgar untuk tidur, melakukan latihan pernafasan. Caranya yaitu dengan posisi diri yang nyaman kemudian tarik nafas dalam-dalam. Hitung hingga 7 lalu buang nafas dalam 7 hitungan. Ulangi selama 10 menit. Yang paling penting dalam cara agar cepat tidur yaitu, jangan lupa berdoa.