Bubur Bayi 6 Bulan Makanan Sehat Pendamping ASI

bubur bayi 6 bulan

Bubur bayi 6 bulan diperlukan sebagai makanan pendamping ASI si kecil. Jika Anda bertanya kenapa harus bubur bayi? Tentu Anda sudah paham bahwa tumbuh kembang bayi adalah hal yang penting untuk terus dipantau oleh orang tua. Jika Anda memiliki bayi yang berusia 6 bulan dan sudah menjalankan program ASI eksklusif, ini saatnya bagi Anda untuk memberikan makanan pendamping ASI. Karena tidak selamanya ASI dapat memenuhi kebutuhan gizi si bayi.

Makanan bayi 6 bulan yang sehat salah satunya bisa dibuat sendiri di rumah atau biasa disebut dengan home made. Makanan tersebut tentunya lebih terjamin kesehatannya dibandingkan dengan makanan buatan pabrik. Karena tanpa tambahan pangan atau zat lain dan juga bisa kita buat dengan berbagai macam variasi sesuai dengan keinginan dan selera. Tetapi, sebelumnya harus kita ketahui terlebih dahulu apa saja bahan yang boleh diberikan kepada bayi sesuai dengan usianya.         

Pilhlah Sayur – Sayuran dan Buah – Buahan Sehat

Bahan makanan untuk bayi 6 bulan yang baik adalah sayur – sayuran dan buah – buahan organik, karena tentunya bahan tersebut bebas dari pestisida. Jika tidak ada bahan sayur dan buah organik tersebut, Anda bisa menggunakan sayur dan buah biasa, namun cucilah hingga benar-benar bersih dari bakteri berbahaya dan pestisida yang ada. Selain itu jangan lupa memberikan bayi pilihan sayur dan buah yang segar.

Bahan yang bisa Anda gunakan untuk membuat makanan pendamping ASI bayi adalah nasi, kentang, dan beras merah serta sereal.

Bubur Bayi 6 Bulan

Untuk bayi berusia 6 bulan bisa diberikan pure atau bubur halus. Jika Anda ingin memulai memberikan bubur ini kepada bayi, lebih baik dengan cara bertahap teksturnya. Pada fase awal pemberian bubur bayi sebaiknya berikan bubur yang encer, karena sebelumnya bayi sudah terbiasa mengkonsumsi ASI.

Setelah itu berikan bayi makanan bubur dengan tekstur semakin kental sesuai dengan pertambahan usianya. Jangan berikan bahan tambahan, misalnya gula atau garam ke dalam bubur bayi tersebut. Karena fungsi ginjal dari bayi belum sempurna. Rasa asli dari bahan membuat bubur bayi sudah cukup memberi rasa bagi bayi.

Anda bisa memberikan sedikit demi sedikit pada saat awal pemberian makanan kepada bayi usia 6 bulan. Hal ini dimaksudkan agar bayi terbiasa dengan rasa dan juga teksturnya. Jumlah pemberian makanan tersebut bisa ditambah dengan berkembangnya pertumbuhan bayi.

Memberikan makanan bayi dengan sedikit demi sedikit juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana reaksi alergi dari makanan yang diberikan pada bayi. Biasakan pula untuk bayi mengonsumsi bubur bayi berbahan sayur. Karena saat ini banyak anak yang susah untuk makan sayur sebab rasanya yang hambar. Biasakan anak untuk merasakan sayur dari usia bayi.

Cara Pembuatan Bubur Bayi

Setelah kita memilah dan memilih apa saja bahan makanan yang baik untuk membuat bubur bayi 6 bulan. Jangan lupa pula untuk memperhatikan cara pembuatan bubur bayi agar kandungan nutrisi di dalamnya tidak berkurang atau bahkan hilang. Caranya adalah sebagai berikut :

Cuci bersih semua bahan

Cucilah bahan – bahan yang akan dibuat menjadi bubur. Cuci bersih dengan air mengalir agar bahan – bahan tersebut benar – benar steril.

Perhatikan cara memasak

Ketika memasak, gunakanlah sedikit air dan usahakan jangan terlalu matang agar kandungan vitamin pada bahan makanan tidak hilang.

Hindari menambahkan gula atau garam

Sebaiknya tidak ditambahkan gula dan garam pada bahan makanan yang dimasak. Hal ini bertujuan agar melatih si kecil mengenal aneka rasa makanan. Pengenalan makanan untuk bayi sangat diperlukan agar kelak anak tidak melulu mengonsumsi makanan olahan khusus bayi.

Makanan pendamping ASI adalah hal yang penting bagi bayi. Dengan memberikan makanan bayi yang sesuai dengan usia bayi, maka gizi yang dibutuhkan pun akan tercukupi.