6 Kuliner Wajib di Denpasar Bali

02_denpasar-bali

Menjadi satu dari banyak kota terkenal, Denpasar Bali menawarkan keindahan melalui budaya, adat, alam yang sangat menarik. Selain itu, Denpasar memiliki daya tarik solidaritas juga masyarakat Hindunya yang kental. Terbukti saat menjumpai kota ini, kita akan merasakan kekentalan budaya hampir di setiap sudut kota.

Menengok lebih dalam, kota Denpasar menyimpan banyak sekali kuliner yang menjadi ciri khas ibu kota propinsi di pulau Dewata ini. Apa sajakah makanan atau kuliner-kuliner lezat yang bisa kita jumpai? Berikut 6 menu kuliner wajib yang ada di kota Denpasar Bali:

  • Krupuk Klejat

Krupuk Klejat adalah camilan khas Denpasar yang berasal dari olahan siput atau kerang. Camilan ini diolah hanya dengan mengeringkan siput/kerang yang telah dibersihkan lalu diberi garam dan secara bersamaan digoreng. Krupuk klejat memiliki citarasa gurih dan pastinya lezat.

  • Kakul Pan Putu

Kakul berarti siput. Kuliner kakul pan putu merupakan olahan khas masyarakat Denpasar. Sate kakul memiliki citarasa daging yang kenyal, gurih juga memiliki aroma yang khas. Makanan ini juga bisa tergolong kuliner ekstrim sebab menggunakan daging keong atau siput sawah.

  • Sate Kakul

Sate spesial ini diolah dari daging kerang darah dicampur dengan rempah-rempah seperti serai, dan bumbu halus lainnya kemudian ditusuk dengan tusukan sate lalu dibakar. Setelah siap dihidangkan, kuliner ini terasa lebih nikmat bila dicampur dengan kacang tanah, kecap manis dan kelapa parut.

  • Lawar Cumi

Menu istimewa yang tak boleh tertinggal adalah lawar cumi yang menjadi kuliner unik di Denpasar. Sama seperti kebanyakan lawar di kota Bali lainnya, lawar cumi terbuat dari campuran cumi yang diolah dengan bumbu pedas atau potongan cabai yang dicacah.

  • Rumput Laut ala Serangan

Sajian penutup ini adalah hidangan khas yang bisa dijumpai di Denpasar. Rumput laut ala Serangan Bali terdiri dari campuran lauk berupa ikan laut. Rasa makanan ini cukup unik namun sangat sedap sebab terdiri dari campuran rempah-rempah.

  • Nasi Sela

Nasi sela Bali merupakan kuliner yang berisi campuran ketela yang dicacah dengan nasi putih. Nasi sela atau nasi ketela menjadi makanan populer masyarakat yang tinggal di Denpasar pada tahun 70 an, dan menjadi makanan pokok masyarakat setempat.

Keunikan dari kuliner ini terletak pada rasa khas dari nasi dan ketela ditambah dengan varian campuran lauk seperti udang, kacang tanah, sambal, ayam sayur, jukut atau sayur dan bumbu bejek (santan dan daging).

Demikian 6 kuliner unik dan lezat yang bisa dijumpai di kota Denpasar Bali. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang tengah berlibur di Bali.