4 Langkah Menggunakan Kloset Duduk dengan Tepat

Kloset Duduk

Kloset duduk adalah jenis toilet yang sekarang ini sudah semakin sering digunakan di Indonesia. Tak hanya di perkantoran dan tempat umum saja, bahkan kamar mandi pribadi orang-orang di kota pun sudah banyak yang mulai meninggalkan kloset jongkok, dan beralih menggunakan toilet semacam ini. Meski lebih nyaman dan juga praktis, namun tidak semua orang ternyata sudah tahu cara menggunakan toilet ini dengan benar, bahkan yang sudah lama menggunakannya.

Jadi, ketika Anda akan menggunakan Kloset duduk, lakukanlah dengan tepat. Perhatikan ini:

1. Siram toilet lebih dulu

Bersihkan dulu toilet dengan menyiramnya menggunakan air. Ini memastikan bahwa toilet tersebut tetap bersih dan tak akan membuat kulit Anda iritasi.

2. Keringkan dudukan dengan tisu

Setelah itu, keringkan dudukan toilet menggunakan tisu agar nyaman dan aman. Lapisi dudukan dengan tisu jika perlu.

3. Posisi duduk

Lakukan kegiatan buang air dalam posisi duduk, dan bukan dengan posisi jongkok. Jika nekat melakukannya, Anda bisa saja jatuh karena terpeleset.

4. Flushing

Begitu Anda selesai buang air, siram dengan tombol flushing yang ada di atas toilet. Jika masih belum bersih, tekan lagi tombol flush untuk memastikan semuanya benar-benar bersih.

Agar toilet semacam ini tetap bersih dan tak mudah rusak, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. misalnya saja:

  • Lap dengan tisu basah – lakukan ini setiap hari di bagian mulut dan sekitar toilet, agar memastikan tak ada bakteri atau kuman yang masih menempel.
  • Bersihkan seminggu sekali – untuk toilet semacam ini, membersihkan seminggu sekali adalah ideal, terutama untuk membersihkan bagian dinding toilet.
  • Jangan jongkok di atas toilet – karena toilet akan cepat rusak dan kotor.
  • Tutup kloset ketika flushing – saat menyiram, tutup kloset sehingga bakteri tak melompat keluar.

Itulah langkah-langkah menggunakan Kloset duduk dan cara agar kloset ini tetap bersih dan awet. Banyak orang yang ternyata masih belum mengetahuinya, dan sebagai akibatnya, menggunakan kloset ini sembarangan saja, membuatnya cepat kotor dan rusak. Padahal jika digunakan dengan tepat dan dibersihkan secara teratur, toilet ini bisa bertahan lama dan bersih.